Fahmi

Tinggal di Kota Pekalongan. Keseharian mendidik generasi Z, di SMA Negeri 1 Pekalongan. Agar menjadi generasi yang akhlaqul karimah....

Selengkapnya
Navigasi Web

Mahasiswa PPL UNNES “Terciduk” di SMA Negeri 1 Pekalongan

Kejadian “terciduknya” mahasiswa PPL Unnes tahun 2017 di SMA Negeri 1 Pekalongan, sangat memukul seluruh warga sekolah tersebut. Karena, pada saat ini, sekolah tersebut sedang menjadi viral. Sebab, salah seorang almuninya telah memberangkatkan beberapa gurunya piknik ke Singapura secara gratis dengan fasilitas kelas satu. Sebenarnya kejadian ini, berkaitan dengan kegiatan penilaian harian bersama (PHB). Waktu kejadian pada hari Rabu, tanggal 27 September 2017. Karena waktu itu sedang diadakan PHB, yang dimulai tanggal 26 September sampai dengan 4 Oktober 2017. “Terciduknya” mahasiswa tersebut, berkaitan dengan kegiatan Tutor Sebaya.

Pada saat kejadian tersebut, membuat sebanyak 13 mahasiswa PPL Universitas Negeri Semarang yang sedang mengadakan praktik pengalaman lapangan (PPL) bagai tersambar petir di siang hari. Karena, memiliki latar belakang disiplin ilmu yang beda. Seperti, fisika, kimia, matematika, biologi. Demikian juga, dari ilmu pengetahuan sosial, seperti sosiologi, ekonomi. Kejadian ini, berawal dari selesainya kepengawasan PHB, karena mereka disertakan menjadi pengawas ruang selama kegiatan itu. Dan juga, masuk dan pulang layaknya seperti guru yang sebenarnya. Yaitu, datang sebelum jam 07.00 WIB dan pulang setelah jam 15.30 WIB.

Sudah menjadi karakter siswa-siswi SMA Negeri 1 Pekalongan mengadakan kegiatan Tutor Sebaya. Mereka akan berdiskusi mata pelajaran yang dianggap perlu didiskusikan. Apalagi mata pelajaran seperti Fisika. Mata pelajaran ini, menjadi primadona untuk menjadi topik. Pada hari Rabu, tanggal 27 September 2017, selesai PHB, siswa-siswi tidak langsung pulang karena akan mengadakan Tutor Sebaya. Karena merasa ada kesulitan, maka merekapun “menciduk” seorang mahasiswa PPL Unnes Jurusan Pendidikan Fisika yang berinisial FAP untuk menjadi tutor kegiatan tersebut. Sebab, berdasarkan jadwal PHB, pada hari Kamis, tanggal 28 September 2017 akan diadakan PHB mata pelajaran Fisika.”Terciduknya”, mahasiswa tersebut, disaksikan oleh temannya yang tidak mau disebut namanya dari Jurusan Sosiologi dan Antropologi dari Universitas yang sama.

Sesunguhnya, kegiatan tutor sebaya, merupakan kegiatan antar siswa dalam mendiskusikan sesuatu yang dianggap memerlukan bantuan orang lain yang sebaya. Karakter yang ditanamkan pihak sekolah, pada semua siswanya, adalah karakter “senang melihat temannya senang, dan sedih bila temannya sedih”. Inilah yang menjadi motivasi mereka untuk mengadakan kegiatan tutor sebaya.

Semoga pula, pada kesempatan lain, ada mahasiswa-mahasiswa PPL Unnes lain yang ikut “terciduk” pada kegiatan tersebut. Sehingga, dapat mendongkrak prestasi SMA Negeri 1 Pekalongan dalam segala bidang. Baik bidang akademik, maupun non akademik. Disamping itu juga, bermanfaat bagi mahasiswa PPL untuk menularkan virus pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Itulah harapannya, sehingga dapat menjadi simbiosis mutualisme antara SMA Negeri 1 Pekalongan dan Unnes.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nyiduknya pakai apa ya?

27 Sep
Balas

Sebenarnya, banyak yang terciduk. Namun, luput dari pengamatan.

27 Sep
Balas

Terima kasih, semuanya atas bantuan cidukannya.

27 Sep
Balas

Terciduk ditempat yg benar...hehe

27 Sep
Balas

Alhamdulillah, Semua berkat bantuan bapak ibu SMAN 1 Pekalongan yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar dan berbagi ilmu di SMAN 1 Pekalongan, sehingga kami bertemu dengan anak2 yang luar biasa semangat belajarnya, terima kasih Pak Fahmi dan Pak Sulikin :)

27 Sep
Balas

Keren pak, kita justru terkagum-kagum dengan semangat belajar siswa-siswi sma negeri 1 pekalongan yang sangat besar, motivasi belajarnyapun tinggi, mahasiswa pplpun "mungkin" tidak akan "tercyduk" tanpa ada yang "mencyduk". Salut dengan siswa-siswi sma negeri 1 pekalongan ♡

27 Sep
Balas

Alhamdulillah, program tutor sebaya yang dicanangkan sekolah memang luar biasa mantap

27 Sep
Balas

Mantaaap pak fahmi, sma1 pekalongan memang luar biasa, banyak yang bisa kami "rampok" dari sekolah ini selama PPL. Hehe merampok tidak harus berupa uang ataupun harta, merampok bisa juga berupa ilmu dan pengalaman.terimakasih

27 Sep
Balas



search

New Post