Faidah Setyaningsih

Teruslah menulis meskipun tidak ada orang yang membacanya....

Selengkapnya
Navigasi Web
Banjir Undangan Diklat
Antusiasme guru mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Banjir Undangan Diklat

Oleh: Faidah Setyaningsih

Memasuki tahun baru 2024 guru disambut dengan aplikasi e-kinerja berbasis Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dalam tahap perencanaan terdapat beberapa unsur yaitu Praktik Kinerja, Pengembangan Kompetensi, Tugas Tambahan, dan Perilaku Kerja.

Di antara unsur tersebut, Pengembangan Kompetensi paling menyedot perhatian guru. Meskipun unsur tersebut tidak dinilai dan hanya sebagai pertimbangan saja. Hal ini karena terdapat ketentuan bahwa guru harus mencapai ekspektasi atasan sejumlah 32 poin dalam setiap semester. Poin-poin tersebut dikumpulkan melalui berbagai pilihan Rencana Hasil Kerja (RHK) yang sudah disediakan.

RHK peningkatan kompetensi melalui peran sebagai partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium dan////atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan dengan bukti dukung berupa sertifikat menjadi primadona. Untuk satu kegiatan mendapatkan 4 poin. Guru pun beramai-ramai berburu sertifikat webinar, diklat, pelatihan dsb. Berbagai akun media sosial banjir akan tawaran diklat dan pelatihan dari berbagai instansi. Bukan hanya mengganggu pengguna akun, berbagai tawaran diklat pun dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk peretasan data pribadi. Sampai terjadi kasus pembobolan rekening pribadi akibat klik link tawaran diklat.

Seorang guru mengaku, dirinya berburu sertifikat webinar dan diklat karena di antara RHK-RHK yang lain kegiatan tersebut yang paling memungkinkan untuk dilakukan. "RHK yang lain susah-susah," ungkapnya.

Mungkin banyak guru lain juga memiliki alasan yang sama. Sampai terjebak pada kesibukan berburu sertifikat hingga lupa dengan substansi yang sebenarnya. Sertifikat pelatihan hanyalah bonus. Yang utama adalah upaya untuk terus belajar dalam meningkatkan kompetensi diri. Dengan harapan nantinya akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran untuk melayani kebutuhan murid.

Mirit, 22 Januari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Mbak. Sukses selalu

23 Jan
Balas

Terima kasih Pak Burhani.

23 Jan
Balas



search

New Post