Faisal Riza Hasbullah

Asal dari Boyolali, Tinggal di Jayapura, Pamong Belajar BP PAUD DIKMAS PAPUA, Lulusan dari IAIN SURAKARTA, Pendidikan Agama Islam Diskusi : faisalriza92@gmail...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sekolah Kita Aplikasi Keterbukaan Informasi Satuan Pendidikan
Sekolah kita menampilkan data

Sekolah Kita Aplikasi Keterbukaan Informasi Satuan Pendidikan

Sekolah Kita Aplikasi Keterbukaan Informasi Satuan Pendidikan

Aplikasi DAPODIK menjadi pendataan yang penting dimiliki setiap satuan pendidikan dan pendataan ini satu pintu. DAPODIK merupakan data pokok pendidikan yang dicanangkan pemerintah baik untuk pendidikan formal, maupun nonformal. Setiap satuan pendidikan memiliki satu nomor pokok satuan pendidikan (NPSN). Masyarakat perlu mengetahui keterbukaan informasi terkait satuan pendidikan yang akan dimanfaatkan.

Dipendidikan nonformal misalnya di satuan pendidikan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan satu satuan baik Taman Kanak Kanak, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak, Sekolah Paud Sejenis masing masing memiliki satu NPSN. Jika di Satuan pendidikan Lembaga Kursus dan Pelatihan wajib mengurus NPSN dan memasukkan data di DAPODIK. Sedangkan untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga memiliki satu Nomor NPSN tetapi bisa menyelenggarakan layanan PAUD, Kursus, dan Dikmas.

Data yang dimasukkan oleh lembaga dan satuan pendidikan ke DAPODIK bisa masyakat lihat pada laman “sekolah kita” yaitu pada alamat web sekolah.data.kemdikbud.go.id. Hal ini menjadi refrensi masyarakat untuk mempertimbangkan layanan satuan pendidikan dan lembaga yang ingin dipakai. Misalkan memiliki anak usia dini yang ingin di masukkan kelayanan dekat rumah belum memiliki refrensi data masyarakat memanfaatkan laman tersebut baik mempertimbangkan akreditasi, kualitas pendidik, fasilitas yang ada bisa dicari informasinya.

Maka gunakanlah keterbukaan layanan yang ada untuk generasi anak cucu kita yang lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post