FARIDA S. Ag

Mengajar di MTsN 8 Padang Pariaman Alamat sungai Geringging Motto: hidup adalah perjuangan dan pengorbanan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Walau Berbeda, Tapi Tetap Sama

Walau berbeda, tapi tetap sama

Tagur ke 23

Shalat Hari Raya Idul Adha tahun ini dilaksanakan pada hari dan waktu yang berbeda. Begitu pula yang terjadi ditempat tinggal saya Ada yang melaksanakannya pada hari Sabtu tanggal 09 Juli 2022 dan ada juga yang melaksanakannya Minggu, tanggal 10 Juli 2022. Walaupun berbeda, tetapi tidak mengurangi arti dan makna dalam memahami Hari Raya.

Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Haji, karena hari ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji bagi umat Islam seluruh dunia yang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah di kota Mekkah.

Sementara itu, bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji ke kota suci Mekkah, bisa melaksanakan ibadah kurban ditempat daerahnya masing-masing. Adapun ibadah yang dilakukan pada saat ini adalah ibadah kurban. Dinamakan dengan hari raya kurban karena orang yang memiliki kemampuan untuk berkurban di sunnahkan untuk berkurban, yakni dengan cara menyembelih beberapa ekor hewan kurban, lalu dagingnya dibagi-bagikan kepada karib kerabat terdekat, terutama bagi orang-orang yang tidak mampu.

Hewan kurban ini disembelih pada saat selesai melaksanakan Shalat Id. Biasanya pemotongan hewan kurban ini bisa dilaksanakan selama empat hari, yakni terhitung tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zulhijjah, atau yang disebut dengan hari Tasyrik. Pada hari Tasyrik ini kita diharamkan untuk melakukan ibadah puasa.

Banyak hikmah yang dirasakan bagi umat Islam yang merayakan Hari Raya Idul Adha. Salah satunya adalah adanya sikap saling berbagi satu dengan lainnya. Yang mampu memberi daging kurban kepada yang tidak mampu. Hikmah yang terbesar dari hari raya kurban adalah sikap solidaritas sesama umat.

Jadi walaupun pelaksanaan waktu Shalat Idul Adha yang berbeda, namun hakikat dari Hari Raya ini adalah sama yaitu sama-sama memiliki sikap mau berkorban harta dan tenaga untuk membantu kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan. Sikap menumbuhkan solidaritas pada sesama dan tergerak untuk saling berbagi satu dengan lainnya .

Sungai Geringging, 08072022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang mengajak kita agar selalu ingat dengan saudara untuk berbagi sebagai rasa solidaritas. Salam keren buat Mbak Farida.

09 Jul
Balas

Terimakasih atas kunjungannya

09 Jul



search

New Post