Faridawaty Dmk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Aku Puber ?

Aku Puber ?

Apakah puber atau peburtas itu ? Kata pubertas berasal dari kata latin yang berarti 'usia kedewasaan'. Masa puber adalah suatu tahap dalam perkembangan manusia di mana terjadi perkembangan alat-alat seksualitas dan reproduksi yang disertai dengan perubahan fisik dan psikologis. Masa puber adalah masa peralihan menuju masa remaja (Elizabeth B. Hurlock,Perkembangan Psikologi).

Secara biologis,masa puber dicapai ketika hypotalamus mulai bekerja. Hypotalamus salah satu organ penting dalam otak selain hipofisis yang mengatur aktifitas seksual normal,separti perkembangan ciri seksual primer dan skunder. Bila hypotalamus belum mulai bekerja,kelenjar hipofisis hanya membantu laju pertumbuhan tubuh dengan hormon pertumbuhan tubuh yang diproduksinya. Akan tetapi,bila sudah mulai bekerja,kelenjar akan membantu kita memasuki masa pubertas.

Masa puber adalah priode yang unik dan khusus yang ditandai oleh perubahan tertentu dalam perkembangan manusia. Perubahan ini berbeda antara individu yang satu dan yang lainnya.Salah satu faktor penentu perbedaan tersebut adalah perbedaan genetik dan lingkungan ,seperti kesehatan,gizi dan kondisi emosional.

Kelenjar hipofisis akan menghasilkan hormon yang berbeda pada pria dan wanita. Pada pria hormon tersebut dinamakan testosteren karena dihasilkan oleh testis,sedangkan pada wanita dinamakan estrogen dan progesteron yang di produksi di indung telur (ovarium)

Pada remaja putra,perubahan fisik yang tampak dari luar,otot menguat,tumbuh jakun,tumbuh bulu di ketiak dan sekitar kemaluan,kumis,janggut,suara menjadi besar atau berat dan penis dan buah zakar membesar,dada membidang. Sementara itu ,perubahan yang tampak dari luar adalah mengalami mimpi basah.

Pada remaja putri,perubahan fisik yang tampak dari luar,tumbuh payu dara,puting payu dara menonjol keluar,bentu tubuh berlekuk (berbentuk),tumbuh bulu d ketiak dan di sekitar kemaluan. Sementara itu,perubahan yang tidak tampak dari luar adalah mengalami menstruasi(haid).

Selain perubahan fisik tersebut diatas,secara psikologis sudah mulai menyukai lawan jenis. Adanya ketertarikan kepada laki-laki membuat remaja putri cendrung mempercantik diri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi Bund.

27 Jan
Balas

Salam literasi kembali bund..

27 Jan
Balas



search

New Post