Faridawaty Dmk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa itu Gawai?

Apa itu Gawai?

Awalnya aku juga tidak tahu apa itu Gawai. Pertama kali ku mendengar kata Gawai,sewaktu ku mengikuti pelatihan PKP bimbingan dan konseling pertengahan Desember 2019. Guru inti bertanya kepada kami guru sasaran,apa itu Gawai? Semua guru sasaran peserta pelatihan PKP bimbingan dan konseling tidak ada yang tahu apa itu Gawai. Jadi aku tidak perlu malu dengan ketidak tahuanku tentang Gawai.Ternyata Gawai itu bahasa Indonesianya Handphone.

Usai pelatihan PKP bimbingan dan konseling,ku panggil beberapa peserta didik dan bertanya apakah itu Gawai. Pernah tidak mendengar kata Gawai. Syukurlah,ternyata mereka juga tidak tahu dan tidak pernah mendengar kata Gawai,dan baru pernah mendengar kata Gawai dari ku. Iseng,ku bertanya lagi kepada salah seorang guru bahasa Indonesia di sekolah. Apa itu Gawai?buru-buru beliau membuka aplikasi kamus di hp untuk mencati apa itu Gawai. Sebelum di cari apa arti Gawai,ku sampaikan padanya kalau gawai itu benda yang sedang di pegangnya. Heran beliau,tidak yakin dengan apa yang ku sampaikan.

Gawai. Banyak yang tidak tahu apa itu Gawai. Gawai merupakan bahasa Indonesia dari Handphone,sedangkan Handphone adalah bahasa Inggrisnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi yang tidak bisa di bendung,mambuat kita seakan terhipnotis dengan adanya perkembangan tersebut.

Satu hal terpenting yang perlu dipahami bahwa bahasa merupakan cerminan dan identitas suatu bangsa. Identitas sangat erat kaitannya dengan suatu sikap dari karakter. Jika hal ini terus bergulir dan dibiarkan begitu saja,maka cepat atau lambat bahasa Indonesia akan menjadi terpinggirkan dengan adanya berbagai bahasa asing,khususnya bahasa Inggris yang saat ini sangat di minati dan terlihat keren,menjadikan kita lupa akan bahasa Indonesia sendiri.

Harapan kita semua,sebaiknya bila memang apa yang ingin kita ucapkan atau katakan ada bahasa Indonesianya,sebaiknya ya menggunakan bahasa Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya kk gawai sama dgn ponsel

09 Feb
Balas

yap

19 Feb

Ya..waktu pkp baru tau kk.Gawai itu ponsel.

10 Feb
Balas



search

New Post