FA. Suprapto Mukti Nugroho

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
ANAK BANDEL DAN JARUM SUNTIK

ANAK BANDEL DAN JARUM SUNTIK

Oleh : fa. suprapto

Huuu...hu...hu...

Takut bu....takut...

Nggak mau... jangan disuntik...

Sementara itu, beberapa Bapak/Ibu guru sibuk bahu-membahu membantu petugas puskesmas yang sedang melakukan vaksinasi. Itu sekelumit gambaran, ketika beberapa hari yang lalu sekolah mengadakan imunisasi MR.

Vaksin MR adalah kombinasi antara vaksin campak atau Measles (M) dengan Rubella (R) untuk melindungi penyakit campak dan rubella. “Menurut petugas, campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan dewasa yang belum mendapatkan vaksin ini memiliki resiko tertular sangat besar, tutur petugas”.

Beberapa bahaya yang mengancam ketika campak berkomplikasi serius seperti diare, radang paru, radang otak atau bahkan dapat menyebabkan kebutaan dan kematian. Rubella biasanya hanya berupa penyakit ringan pada anak-anak, akan tetapi yang bikin dahsyat adalah ketika menular pada ibu hamil pada usia kehamilan muda dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi yang dilahirkan. Mengerikan...!!

Menurut petugas gejala campak diawali dengan demam tinggi, timbul bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan pilek serta mata memerah. Untuk rubella tidak dijumpai gejala spesifik, hanya seperti flu dan nyeri pada persendian. “Aduh...begitu to, celetuk salah seorang siswa yang duduk di samping saya”. Informasi ini disampaikan pada seluruh siswa, sebelum diadakan imunisasi. Saat disampaikan siswa tampak tertunduk diam, bengong dan sedikit tegang. Tak terkecuali, beberapa siswa yang sering divonis “ngeyel” di kelas.

“Gimana Lang, berani to?”. Begitu panggilan Galang Akbar Sutrisno...salah seorang yang sering membuat gaduh di kelas. Saat itu, ketakutan juga ketika ditanya Ibu Niken. “Bu...saya tidak usah disuntik ya?, jawabnya pada ibu wali kelasnya itu”. Ibu Niken hanya terdiam. Dalam hatinya...tertawa, melihat siswa yang bandel di kelas takut juga ketika berhadapan dengan jarum suntik. Ada-ada saja Lang....

“Sini saya pegangi, sambil memegangi siswanya itu”. Akhirnya, dengan ketakutan si bandelpun diimunisasi.

Temanggung, 15 Agustus 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Suntik itu hingga memunculkan atraksi spontan dari siswa yang begitu bervariasi. Dari tangis, tawa dan ejekan...

19 Aug
Balas

Hahaha, betul Pak Prapto. Anak super bandel kebanyakan ketakutan ketika berhadapan dengan jarum suntik, sementara yang kalem biasa saja. Hampir setiap imunisasi begitu. Sippp.

19 Aug
Balas



search

New Post