fataty maulidiyah

Nama lengkap fataty maulidiyah. Guru di MAN 2 mojokerto. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pilar Buraq dan Isra' Mi'raj
Pilar Bura Masjidil Haram 2019

Pilar Buraq dan Isra' Mi'raj

Tantangan Menulis

oleh : Fatatik Maulidiyah

Ini merupakan cerita tentang pilar pink masjidil haram. Sewaktu saya tadarus di area thawaf lantai dua, saya berada di posisi pinggir pagar kaca menghadap ka'bah. Saya membuat video singkat sekitar 1-15 detik saja mengedar kiri dan kanan lalu saya jadikan whatsapp story.

Oleh kakak saya ditanggapi dan discreenshot tepat pada pilar pink dan di beri tanda. Kakak memberi keterangan bahwa di pilar pink itulah buraq berdiri saat peristiwa isra'. Di lain hari saya beserta suami berburu tiang pink setelah thawaf dibawah dekat ka'bah. Pilar itu memang lain dari yang lain.

Sekitar tahun 1925 kerajaan Arab saudi banyak meratakan situs-situs bersejarah.

Namun untuk pilar ini pun tidak diberi tanda khusus, hanya catnya saja yg berbeda. Tidak semua jamaah haji mengetahui apa maksud pilar pink ini yang berbeda warna dengan yang lainnya. Bentuk pilarnya pun berbeda . Bagi yang pernah haji pun mungkin juga tidak menyadari keberadaan dan makna pilar pink tersebut.

Ibnu Ishaq pada abad ke-delapan menuturkan, pada suatu malam setelah Rasulullah kehilangan Khadijah yang wafat pada sekitar 621 Masehi, Rasulullah tertidur di sebelah utara Ka'bah.

Selepas tengah malam malaikat Jibril membangunkan Rasulullah dengan menendangnya perlahan. Setelah terbangun, Rasulullah kemudian digandeng Jibril ke gerbang utama menuju Ka'bah.

“Kemudian aku melihat seekor binatang berwarna putih, seukuran bagal atau keledai dengan dua sayap menutupi kaki belakangnya. Kaki depannya merentang sejauh mata memandang,” Mengutip keterangan yang menurutnya datang dari Rasulullah sendiri ditulis Ibnu Ishaq.

Lokasi di samping Gerbang Malik Abdulaziz tersebut dipercayai sebagian jamaah jadi lokasi berdirinya hewan ajaib yang dipanggil Buraq tersebut. Dari situ, sembari menunggangi Buraq. Rasulullah memulai perjalanan menakjubkannya ke Masjid al-Aqsa di Palestina dan kemudian menembus langit menuju Sidratul Muntaha.

Umat Islam di Indonesia, Asia Selatan dan Asia Tenggara, juga Turki dan Afrika hingga saat ini masih merayakan kejadian tersebut setiap 27 Rajab pada penanggalan Hijriyah.

Di pilar pink itulah Buraq berada . Di musim haji tak mudah berdekat-dekat langsung karena tiang pink ini sejajar dengan pintu masuk masjid area dalam yang sering di blokade laskar masjid dengan tujuan mengatur arus lalu – lalang para jamaah.

Dengan sedikit berputar-posisi dengan putar tempat, saya dan suami mencoba mencari posisi dengan backgroud tiang pink ini. Segala usaha dilakukan akhirnya berhasil juga mengambil gambar dalam jarak dekat .

Sampai tak terasa waktu dhuhur tiba. Saya dan suami tidak bisa keluar area sekitar ka’bah, sekelilingnya diblokade. Pada saat itu beberapa laskar membentuk pagar betis berjalan yang ternyata sedang mengawal imam masjidil haram dengan beberapa pendampingnya.

Karena pas berada di rombongan itu saya ambil foto suami bersalaman dengan imam masjidil haram, selfi dengan pendampingnya yang memakai pakaian sama dengan sang imam yaitu jubah coklat. Naluri selfiku muncul.

Sewaktu saya minta izin selfi dengan pendamping imam, saya di tolak dengan mengucap “ La, laa, laaa... ( jangan,jangan) dia hanya setuju dengan suami saja. Tak mengapa meski demikian hari itu saya syukuri, dapat thawaf beberapa meter dari ka’bah, mendekat tiang buraq, bertemu dan berfoto dengan imam masjidil haram adalah moment yang tak akan terlupakan ***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post