Fatchur Rohman

PAMONG BELAJAR DI BP PAUD DAN DIKMAS PAPUA [email protected]...

Selengkapnya
Navigasi Web

SELEKTIF MEMILIH ALAT PERMAINAN UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

SELEKTIF MEMILIH ALAT PERMAINAN UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK Oleh: Tri Fatchur Rohman Perkembangan zaman tentunya berbanding lurus dengan semakin kompleks dan berkembangnya seluruh sendi atau aspek kehidupan manusia. Pekembangan tersebut tidak hanya terjadi pada kehidupan orang dewasa saja tetapi juga turut mempengaruhi dan terjadi pada dunia anak khususnya anak usia dini, contoh kecil saja begitu banyak beredarnya dan diciptakanya berbagai jenis permainan yang peruntukanya untuk anak-anak, mulai dari yang sangat sederhana hingga yang kompleks dan rumit, mulai dari yang murah samapai yang bernilai jutaan rupiah, mulai dari yang berbasis hard wear hingga yang berbasis pada soft wear, bahkan yang berbasis komputer dan internet. Sebagai orang tua khususnya yang memilik anak usia dini (0-6 tahun) mau tidak mau harus siap dan mempersiapkan diri dengan percepatan perkembangan ragam dan jenis mainan yang ada dewasa ini. Orang tua harus mengerti dan paham bawasanya anak usia dini harus mendapatkan stimulus yang tepat, efektif dan efisien, karena pada usia tersebut anak berada pada usia emas (golden age), jika tidak akan berdampak negatif pada tumbuh kembang anak diusia perkembangan selanjutnya. Perkembangan ragam dan jenis mainan anak yang sangat capat dewasa ini tentunya harus disikapi dengan capat pula oleh orang tua anak, karena hal tersebut bisa berdampak positif dan bisa juga sebaliknya, akan membawa dampak negatif pada anak, bila orang tua tidak mampu bersikap selektif terhadap keberadaan ragam dan jenis alat permainan untuk anaknya. Dengan kata lain peran orang tua sangat penting dalam kaitanya memilih jenis mainan yang akan diberikan pada anaknya. Orang tua harus cerdas memilih mainan yang terbaik untuk anak-anaknya, tidak boleh sembarangan dan asal memilih mainan yang terlihat menarik dan atraktif namun sejatinya bisa membahayakan anak. Memilih mainan anak yang tepat untuk anak dapat menjadi salah satu hal yang paling penting yang harus dilakukan orang tua, karena anak-anak sangat identik dengan bermain. Bermain adalah dunia anak yang paling dominan. Bahkan, untuk dapat lebih memaksimalkan dalam menyampaikan bembelajaran, pendidikan pada anak usia dini menerapkan sistem belajar sambil bermain. Untuk mencapai manfaat positif dari alat permainan yang akan digunakan oleh anak usia dini maka dibutuhkan alat permainan yang tepat untuk anak, alat permainan yang sesuai dan mendukung perkembangan semua dimensi anak khususnya anak usia dini. Karena itu dalam pemilihan alat permainan sebaiknya harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1. Pilihlah alat permainan yang tidak berbahaya bagi anak, baik dari segi bentuknya maupun bahanya, karena tidak sedikit alat permaian anak saat ini terbuat dari bahan yang berbahaya untuk anak, misalkan terbuat dari bahan yang mengandung toxcit. 2. Berilah kebebasan pada anak, bukan pilihan orang tua tetapi berdasarkan minat anak terhadap mainan tersebut, jadi baiarkan anak yang memilih jenis mainan yang dia inginkan. 3. Pilihlah alat permainan yang bervariasi, sehingga anak dapat bereksplorasi dengan berbagai macam alat permainannya. Semakin banyak variasi mainan yang diberikan pada anak maka semakin optimal pula tumbuh kembang anak. 4. Pilihlah alat permainan yang tingkat kesulitan sesuai dengan rentang usia anak dan perkembangan fisik serta mental anak, alat permainan tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah bagi anak, karena pada dasarnya tumbuh kembang setiap individu anak berbeda-beda, ada anak yang cepat dalam tumbuh kembangnya adapula anak yang lambat dalam tumbuh kembangnya, sehingga penting bagi orang tua untuk memilihkan alat permainan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan tumbuh kembang anak. 5. Pilihlah alat permainan yang awet, tidak terlalu rapuh atau mudah rusak karena tingkat pemahaman anak terhadap alat permaian yang dimainkannya belum sempurna layaknya orang dewasa, sehingga perlu bagi orang tua memberikan mainan dengan bahan yang awet agar mainan tersebut bisa dimainkan secara berulang-ulang oleh anak. Dari semua hal-hal yang tersebut diatas yang ada satu hal paling urgent dan tidak boleh terlupakan sebagai orang tua anak adalah senantiasa memilihkan alat permainan yang mengandung unsur edukatif untuk anak, sehingga anak tidak sekedar bermain namun anak juga bisa belajar banyak hal melalui permainan yang ia mainkan, kegiatan bermain anak akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan dan tumbuh kembangnya. Itulah beberapa hal penting yang harus menjadi fokus perhatian dan bahan pertimbangan orang tua dalam memilih mainan yang tepat untuk anak, karena selektif dan tepat dalam memilih mainan untuk anak berarti sama juga dengan mendukung kesempatan mereka untuk belajar dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan fase perkembangan usia mereka masing-masing. Pemilihan mainan untuk anak secara bijak juga dapat membantu mereka untuk memiliki hidup yang lebih seimbang ke depannya. Dengan kata lain, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan apa yang perlu anak dapatkan salah satunya dengan cara memilih mainan yang tepat untuk anak.
APE
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post