Fatimatuz Zahro, M.P.d.I

Guru Al Qur'an Hadis di MTs N 1 Batam & Pengajar Tahfizh di Ma'had Baitul Qur'an Batam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkahilah Kami di bulan Rajab

Berkahilah Kami di bulan Rajab

Berkahilah Kami di bulan Rajab

#Tagur 32

Malam ini memasuki 1 Rajab 1443 H. Doa yang diajarkan Rasulullah Saw adalah اللهم بارك لنا في رجب و شعبان وبلغنا رمضان . Artinya" Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan. Bulan Rajab merupakan bulan persiapan menyambut Ramadhan. Dua bulan sebelum puasa kita sudah diingatkan agar bersiap diri menyambut Ramadhan. Ibarat orang bekerja, perlu perencanaan untuk melakukan sesuatu. Tidak tiba-tiba, gugup menyambutnya. Perlu persiapan.

Di bulan Rajab ini disunnahkan puasa. Ibarat warning up, perlu latihan fisik dan mental sebelum puasa satu bulan penuh. Ada yang melaksanakan tiga hari, sepuluh hari bahkan satu bulan penuh puasa di bulan Rajab. Selian itu di bulan ini juga dianjurkan memperbanyak istighfar, sedekah dan bacaan wirid lainnya. Ibarat ladang yang banyak ilalangnya, mulai perlahan dibersihkan agar Ramadhan sudah bersih. Siap untuk ditabur benih-benih kebajikan.

Bagi yang benar-benar mempersiapkan diri, InsyaAllah menanti Ramadhan adalah hari-hari yang sangat menyenangkan. Banyak keutamaan, nilai plus yang lebih dari sebuah ibadah dan yang terpenting adalah derajat "taqwa". Ini adalah tujuan akhir dari ibadah puasa, menjadi hamba yang bertaqwa. Makna "taqwa" sangat luas. Perlu pembahasan tersendiri.

(FZ/1/2/2022)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post