Ahmad Fauzan Ali

Guru TIK di SMP Negeri 3 Sampang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat TTS Untuk Kegiatan Pembelajaran (Tantangan Ke 217)

Membuat TTS Untuk Kegiatan Pembelajaran (Tantangan Ke 217)

Membuat TTS Untuk Kegiatan Pembelajaran

Tentu Bapak Ibu sudah mengenal apa itu TTS (Teka-teki Silang), permainan/olahraga otak itu sudah sangat lama sekali berkembang dinegara kita dan banyak diminati pada zamannya. Namun, permainan itu kini sudah mulai ditinggalkan seiring dengan maraknya game modern atau digital yang dapat dimainkan secara online. Namun alangkah baiknya jika permainan yang semakin langka tersebut kita kembangkan lagi dengan memasukkan untur-unsur pendidikan atau pembelajaran didalamnya. Gampang tidak...??? tentu sangat gampang. Yuk, kita ikuti langkah-langkahnya :

1. Aktifkan salah satu Web Brower, misalnya GoogleChrome.

2. Di addressBar-nya ketikkan Puzzle Maker dan klik tautan yang paling atas

3. Setelah muncul tampilan utama dari Puzzl Maker, lalu klik Criss-Cross, Perhatikan gambar berikut !

4. Berikutnya disitu ada beberapa Step/langkah yang harus di lalui.

- Step 1, Memasukkan judul TTS. Kalau disitu kita masukkan materi pelajaran, berarti kita masukkan nama materi pelajarannya, karena saya guru TIK maka saya ambil contoh ‘Perangkat Keras’.

- Step 2, menentukan jumlah kolom kesamping dan kebawah. Kalau disitu default-nya 50 terlalu banyak, maka bisa dirubah menjadi 30 saja

- Step 3, menentukan besar dan kecilnya masing-masing kolom yang akan digunakan.

- Step 4, adalah membuat jawaban dan soal yang akan digunakan. Kata pertama untuk jawaban harus menggunakan huruf besar, kemudian spasi dan tulislah soal dari jawaban itu.

Kalau sudah selesai semua, klik Create My Puzzle hingga muncul tampilan Puzzle yang sesungguhnya, perhatikan gambar berikut!

5. Langkah yang terakhir adalah, kita blok seluruh Puzzle tersebut untuk kita Copy dan kita Paste-kan di Microsoft Word untuk kita bagian ke siswa. Jadi siswa yang tidak memiliki smartpone, juga dapat mengerjakan soal seperti yang lain, perhatikan gambar

Bagaimana...mudah bukan...???

Mari kita terus berinovasi demi pendidikan yang lebih baik, yang paling utama adalah bagaimana agar siswa terus termotivasi dan semangat untuk belajar dengan metode yang variatif.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Salam Literasi...!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak, terimakasih ilmunya.Ijin follow

28 Sep
Balas

woow, terima kasih pak.... kereeen

27 Sep
Balas

Kereeen... Mau nyoba aah.. Trims ilmunya pak Fauzan

03 Oct
Balas

Mantap...

27 Sep
Balas

Mantap dah. Kapan ya saya mencoba?

27 Sep
Balas

Terima kasih ilmunya pak

28 Sep
Balas

Mantap ...

27 Sep
Balas

Ajarkan saya pak, pleasee

27 Sep
Balas

Keren sekali

28 Sep
Balas

Kereen,pak. Kalau untuk matematika bisa ga ya...

27 Sep
Balas

Sukses sahabatku...Membangun negeri dengan literasi...sehat selalu

27 Sep
Balas



search

New Post