febry suprapto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bermental Anak Paud dan TK

Di Buku _Character Parenting Space Menjadi Orangtua Cerdas Untuk Membangun Karakter Anak_, Ratna Megawangi menulis secara singkat tentang tahapan perkembangan moral yang relevan untuk pengembangan DAP (Developmentally Appropiate Practice).

Fase I adalah Berpikir Egosentris. Usia 1 tahun sampai 4 atau 5 tahun. Ada beberapa ciri anak pada usia ini. Diantaranya:

1. Cenderung egoistis sehingga sulit berbagi mainan dengan teman-temannya.

2. Agak sulit diatur, sehingga memerlukan kesabaran orang tua.

3. Senang melanggar peraturan, memamerkan diri, dan senang memaksakan keinginannnya yang kadang dilakukan secara manipulatif dan berbohong.

4. Menurut sejauh kepentingannya dipenuhi.

Namun pada masa ini, anak sudah dapat diperkenalkan dengan sopan santun, juga perbuatan baik dan buruk. Mereka bisa memahami kaidah moral baik dan buruk jika diajarkan. Merka juga sudah mempunyai kapasitas berempati. Demikian penjelasan Ratna dalam bukunya itu.

Penjelasan di atas bisa kita jadikan bahan introspeksi. Apakah kita sulit berbagi (pelit) dengan orang lain? Senang melanggar peraturan? Suka pamer? Senang memaksakan keinginan dengan cara-cara manipulatif? Patuh karena ada imbalan?

Jika iya, maka sesungguhnya kita masih bermental anak usia 1-5 tahun, alias anak PAUD dan TK. _Na'udzu billahi min dzalik._ Yuk, berubah!

Bondowoso, 07032021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih pengetahuannya.

07 Mar
Balas

Sami2 Bu Hermin

07 Mar

Mantap tadz, sangat mengedukasi.

07 Mar
Balas

Terima Kasih Bu Ika

07 Mar



search

New Post