Agustina Fenny Ikasari S.Pd

Perkenalkan saya Agustina Fenny Ikasari Guru kelas 4 Sekolah Dasar Salam kenal...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hikmah dibalik Covid 19

Hikmah dibalik Covid 19

Wabah virus covid 19 yang dikenal corona, tidak hanya menyerang satu atau dua daerah, tetapi juga seluruh dunia. Untuk mematahkan perkembangan penyebaran virus tersebut, pemerintah mewajibkan untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan bahkan jaga jarak dan tetap tinggal di rumah sampai waktu yang tidak di tentukan. Berawal dari empat belas hari kemudian meningkat bahkan hampir satu bulan. Bagaimana dengan siswa siswi yang bersekolah ?. Mereka terpaksa belajar di rumah dan tentu membuat kejutan bagi orang tua. Mereka tidak hanya menjadi juru masak, tetapi juga menjadi guru bagi ananda.

Berbagai keluh kesah yang mereka rasakan bahkan sempat curhat karena bingung dengan pelajarannya. Tentu sebagai seorang pendidik, kita tidak tinggal diam. Walaupun belajar di rumah, guru tetap memantau perkembangan siswa siswinya. Berbagai cara dilakukan mulai dengan mode daring baik dari google classroom, quiziz maupun aplikasi lainnya. Hal ini bertujuan agar anak - anak belajar dengan baik.

Bagaimana dengan mereka yang belum memahami materi dengan baik walaupun mereka bisa mempelajari di buku paket. Tentu sangat membingungkan bagi mereka. Adanya wabah corona membuat saya berpikir bagaimana caranya agar mereka bisa memahami materi dengan baik dan menarik. Akhirnya video animasi pembelajaranlah menjadi pilihan saya.

Dengan membaca materi di paket tema. Saya melihat materi yang sama di beberapa pembelajaran, akhirnya saya tentukan topik yang hendak saya buat video. Misalnya pada tema terdapat gambar tukang bersih di area candi serta cerita Roro Jongrang. Tujuan materi, anak - anak mampu menceritakan kembali kisah Roro Jongrang (literasi) dan menghubungkan gambar gerobak sampah di area candi dengan gaya dan gerak. Akhirnya jadilah 2 video pembelajaran, yakni video pembelajaran materi gaya dan gerak, berisi penjelasan pengertian gaya, macam - macam gaya serta hubungannya dengan gerak. Video pembelajaran ke dua berisi cerita Roro Jonggrang, kemudian guru meminta siswa siswi untuk menceritakan kembali dengan bahasa yang mudah dipahami.Setelah materi selesai, akhirnya saya menganalisis soal yang berhubungan dengan gaya dan gerak, hampir seratus persen menjawab betul semua. Tidak hanya itu, mereka juga lebih percaya diri saat bercerita.

Berikut contoh video animasi pembelajaran saya.

Like dan subcribe yaa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post