Ferasusanti Spd

Guru bahasa Inggris MTsN 3 Pasaman Barat, Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Maanta Pabukoan

Maanta Pabukoan ala Lubuk Sikaping

Bulan puasa adalah saat berbagi dengan sesama terutama pada sanak saudara. Salah satu tradisi berbagi di bulan Ramadhan adalah mengantar makanan berbuka atau "maanta pabukoan."

Biasanya diantar ke rumah mamak atau paman. Serta ke rumah saudara ayah yg disebut keluarga "bako" yaitu para "amai" ( tante ) dan bapak.

Jenis pabukoan yang diantar pun beragam. Banyaknya juga tergantung kesanggupan masing-masing keluarga.

Dulu uniknya maanta pabukoan adalah dengan memasukkan makanan ke dalam "sia" atau rantang. Ada 4 tingkat rantang. Maka 4 macam pula makanan berbuka.

Kue yang sering dibawa adalah kue khas Ramadhan seperti kue talam, lapek bugih, agar-agar, serta onde-onde.

Dulu semua kue dimasak bersama di rumah keluarga besar. Kalau sekarang tinggal beli di pasar. Sudah masuk kotak plastik . Hingga kadang tak perlu lagi membawa rantang. Hilang pulalah ciri khas maanta pabukoan.

Mengantar menu iftar atau "pabukoan" ini juga adalah tradisi wajib bagi para pengantin baru. Untuk menyambung silaturahmi kepada sanak saudara. Agar mereka mengenal sanak saudara baik keluarga istri maupun suami.

Pasaman Barat, 6 Maret 2020

#tantangangurusiana

#day6

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post