Ferasusanti Spd

Guru bahasa Inggris MTsN 3 Pasaman Barat, Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tradisi Sebelum Ramadhan

Ada beberapa tradisi yang dilakukan masyarakat Lubuk Sikaping menjelang bulan puasa Ramadhan. Salah satunya adalah gotong royong membersihkan pusara keluarga.

Biasanya diimbau saat sholat Jumat kaum Datuk Bosa dan Datuk sandaran akan melaksanakan goro bersih pusara.

Pada hari yang telah ditentukan para kaum bapak akan beramai-ramai membersihkan pusara. Sengaja hari itu semua bapak kan istirahat dari kerja mereka. Demi menghadiri goro ini. Dengan membawa alat seperti golok, cangkul, tajak hingga semprot racun rumput dan gulma.

Suasana pusara yg biasa sunyi maka di hari Goro itu terasa sangat ramai. Para bapak bekerja dengan semangat. Semua pusara dibersihkan. Tidak pilih-pilih.

Sebelum Zuhur kaum ibu akan menghantar kopi dan teh serta makanan ringan. Sumbangan sukarela saja. Juga biasa ibu-ibu akan menanam bunga, membersihkan keluarga masing-masing. Menanam pohon puding sebagai pagar hidup pusara keluarga.

Biasa acara ini akan ditutup dengan doa bersama yang dipandu oleh Ninik mamak sara' atau Garin mesjid.

Bersih hati bersih diri termasuk bersih lingkungan menjelang Ramadan adalah tradisi yg indah. Serta berziarah mengingat mati dan mendoakan orang yg telah mendahului kita juga disunahkan menjelang Ramadan ini.

Pasbar , 3 Maret 2020

#tantanganGurusiana

#day3

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap

04 Mar
Balas

Terima kasih cikgu

04 Mar



search

New Post