Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Lagi Karakter

Mengenal Lagi Karakter

Adanya perkembangan teknologi yang pesat, membuat guru atau pun siswa dapat belajar dengan menggunakan aplikasi pada gawai. Internet sangat mendukung pencarian bahan pembelajaran bagi siswa mau pun guru. Namun pada kenyataannya, gawai juga membuat anak dan peserta didik kita, mendapatkan hal yang negatif. Hal demikian yang perlu adanya pengawasan dari orang tua dan guru.

Bila keadaan berlarut-larut dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah pada remaja kita. Semakin jauh dengan budaya ketimuran, kurang menghargai orang yang lebih tua dan lain sebagainya. Hal yang tadinya dianggap sesuatu yang tidak baik, karena dilakukan banyak orang, bisa jadi menjadi sesuatu hal yang biasa.

Menyapa orang tua bila melewatinya saat kita berjalan, membungkukkan badan bila melewati seorang yang sepuh, sungguh hal yang sudah jarang kita lihat. Sebagai orang Jawa atau orang Indonesia, kita seharusnya masih melestarikan karakter baik yang menjadi ciri khas bangsa kita.

Seharusnya peran orang tua, guru di sekolah menjadi teladan dalam keseharian dalam menerapkan berbagai karakter positif warisan bangsa kita. Banyak karakter adi luhung bangsa kita yang senantiasa sejalan dengan kehidupan kita sampai saat ini.

Kehidupan orang tua kita dulu memang ulet, sederhana, makan seadanya. Hidup dalam keadaan narimo ing pandum, begitulah salah satu karakteristiknya.Selain itu ada beberapa contoh karakteristik orang Jawa diantaranya adalah:

1. Mikul dhuwur mendhem jero nama baik kedua orang tuanya. Maksudnya adalah seorang anak harus menjunjung tinggi harkat dan martabat kedua orang tuanya. Segala tindakan anak harus mempertimbangkan harkat dan martabat orang tua. Bukan berbuat semaunya.

2. Teken, tekun, tekan merupakan deretan yang berjenjang. Siapa yang mau tekun maka ia akan mendapat teken atau pedoman, petunjuk, fasilitas dan ia akan tekan atau kesampaian apa yang menjadi harapannya. Dalam menggapainya butuh waktu yang tidak pendek.

3. Telaten mengandung makna sikap rajin, kontinyu, tekun dan ajeg, Orang yang telaten tidak mudah putus asa, patah arang, nglokro, mutung, bosan atau jenuh. Hal demikian yang kadang sulit dilakukan baik orang tua mau pun anak.

4. Gemi mengandung makna hemat, cermat dan besahaja.Sifat gemi berbeda dengan pelit. Tindakan ini dilandasi mengumpulkan uang tidak gampang. Gaya hidup boros, mewah, menghamburkan uang sangat bertentangan dengan sikap hidup gemi.

5. Nastiti berkaitan dengan tindakan seseorang dalam mempergunakan harta bendanya. Mengelola hasil keringat agar pengeluaran tidak melampaui pemasukan.

Masih banyak karakter keteladanan bangsa kita yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Sebagai guru dan orang tua sudah seharusnya hal yang baik, kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, berusaha semampunya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nilai-nilai luhur sebagai cikal karakter anak bangsa seyogyanya kita uri-uri. Namun sayang, ada beberapa orang yang berlatar belakang intelektual tinggi mulai abai dengan adiluhung nilai luhur ini. Bu Ayu pun merasakan sendiri, kesopanan dan kesantunan, adab kepada mereka yang lebih tua, dan solah bawa justru dianggap tak lagi diperlukan katanya. "Ini jaman persaingan, kalian akan tertinggal." katanya. Terimakasih, Bunda. Telah kembali hadir di gurusiana dengan membawa pelajaran berharga. Pertama, mikul dhuwur menfhem jero. Kedua; teken, tekun, tekan. Ketiga, telaten. Keempat, gemi. Kelima, nastiti. Sampun dangan sukunipun, Bunda Fila? Syafakillah ...!

23 Jan
Balas

Alhamdulillahirobbilalamin, Semoga karakter baik dapat kita lestarikan dan menularkannya pada anak dan peserta didik kita.Mksh Bu Ayu sudah singgah. Sehat dan bahagia ibu, keluarga dan sahabat. Nggih, niki latihan mlampah,Bu.Mtnrnwun,Bu doanipun.

23 Jan

Alhamdulillah, di senja indah ini memperoleh "sangu" yang sarat makna. Betul Bunda, jika guru dan orang tua tidak mencontohkan kembali karakter-karakter yang dudah diajarkan oleh leluhur kita dulu, maka perlahan namun pasti karakter itu akan tergerus oleh kemajuan zaman. Yuk, kita hidupkan kembali karaktet indah sarat makna ini. Jazakillah khoir Bunda , sudah ingatkan kembali. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

23 Jan
Balas

Mengingatkan diri ini, Bun. Karakter baik dari guru dan orang tua akan menjadi contoh anak didik kita. Semoga senantiasa bisa melaksanakannya.Mksh,Bunda sudah singgah. Sehat dan bahagia Bunda, Abah dan keluarga...

23 Jan

Alhamdulillah, akhirnya muncul juga sahabatku ini, sampai kangen nih. Benar, karakter yang barus terus dilestarikan jadi budaya bangsa. Sukses selalu dan barakallah

23 Jan
Balas

Kangen juga, Bu. Semoga hal yg baik bisa kita lestarikan, Bu. Mksh ibu sudah singgah. Sehat dan bahagia utk ibu dan sahabat...

23 Jan

Alhamdulillah ulasan yang mantap...Kangen mbakyu...Semoga kita dapat selalu menanamkan karakter yang baik kepada anak2 kita...Selalu sehat yaa...

23 Jan
Balas

Mengingatkan diri, Bu. Semoga hal baik dpt kita lakukan semampu kita. Mksh, Bu Rini sudah singgah.Sehat dan bahagia ibu dan keluarga...

23 Jan

Untaian semboyan yang indah dan mengandung hikmah sebagai falsafah hidup orang jawa. Suatu ajaran adi luhung yang selaras dengan wahyu ilahi. patut untuk dijadikan pedoman dan diwariskan pada generasi jaman ini. Terima kasih Bu Fila, sudah mengingatkan kita semua.

23 Jan
Balas

Sama-sama, Pak. Hal baik sudah seharusnya kita tiru dan berusaha menjalankan semampu kita. Mksh, Pak sudah singgah. Sehat dan bahagia Bapak dan keluarga...

23 Jan



search

New Post