Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengingat Lagi Karakter

Mengingat Lagi Karakter

Masyarakat Indonesia, terkenal dengan sikap ramah tamah dan suka bergotong royong. Karakter asli bangsa kita, sebenarnya banyak tersebar di pelosok nusantara. Semua mewariskan sikap yang baik dan selaras, dari generasi ke generasi sampai hari ini. Sungguh kita patut mensyukurinya lalu meneladaninya, kini dan nanti.

Bangsa kita, sangat kental dengan karakter guyub yaitu perasaan suka rela untuk menggabungkan diri sehingga dicapai sebuah kekompakan dalam melakukan aktifitas kerja. Misal orang yang punya hajat di perkampungan, maka para tetangga dan kerabat dengan suka rela membantu tanpa mengharapkan imbalan.

Bila tetangga punya hajat atau duwe gawe teman-teman, tetangga akan membantu apa pun bentuknya. Mungkin dana, daya mau pun pikiran. Akan bersalah bila sampai tidak membantu. Sebegitu penting makna guyub maka banyak orang membuat paguyuban dengan beraneka ragam kegiatan.

Selain guyub masyarakat kita sangat mengedepankan kerukunan. Rukun adalah kesatuan antar individu dalam melaksanakan visi bersama dengan menyingkirkan segala jenis pertengkaran dan pertentangan. Rukun akan menjauhkan pertengkaran. Ungkapan crah agawe bubrah rukun agawe santosa artinya pertikaian membuat perceraian, rukun membangun kekuatan.

Pertentangan hanya akan menguras energi. Tenaga yang terbuang sia-sia akan menunda proses produksi apa saja. Kemunduran suatu bangsa, disebabkan karena antar unsurnya tidak rukun. Bila demikian, sudah seharusnya kita bersama-sama mewujudkan kerukunan agar bangsa kita menjadi kuat.

Karakter yang lain, kita akan menemukan karakter sayuk yaitu sebuah tekad manunggalnya perasaan antar individu atau kelompok dalam menuntaskan kerja sama. Biasanya kata ini disertai dengan kata rukun. Ungkapan sayuk-sayuk rukun bebarengan sakancane artinya manunggal rukun bersama dengan teman-temannya.

Sayuk berarti melakukan kerja bareng dalam suasana gembira ria. Sayuk memang benar-benar ikhlas tanpa pamrih. Indahnya konsep sayuk membuat banyak orang rindu meskipun kadang kala rugi materi tidak mengapa. Rame ing gawe sepi ing pamrih artinya ramai bekerja, sepi berpamrih.

Semoga sebagai generasi penerus bangsa, kita senantiasa dapat meneladani dan melestarikan karakter guyub, rukun dan sayuk. Kebaikan karakter yang menjadi ciri khas bangsa tetap memberi manfaat untuk kejayaan bangsa kita.

Beragam karakter lain, masih banyak dan harus kita teladani sebagai pengingat diri dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal baik dan penuh manfaat untuk kita, generasi kini dan masa depan bangsa kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Karakter jawa nan kental nilai adiluhung. Guyub rukun, crah agawe bubrah, lan sakpanunggalane. Mantap, Bu Fila.

26 Jan
Balas

Ngandani larene kula niki, Bu. Biar mengenal dan ikut melestarikannya. Mksh, Ibu sudah singgah. Sehat dan bahagia Bu Ayu dan keluarga...

26 Jan

Tetep rukun agawe santosa. OK Bun

26 Jan
Balas

Sayuk rukun nyambut gawe, Pak

27 Jan

Warisan budaya yang semoga tidak lekang oleh waktu. Barakallah Ibu Fila

26 Jan
Balas

Merekatkan persaudaraan ya, Bu. Sayuk rukun lan guyub nyambut gawe. Barakallah, Bu

27 Jan

Karakter itu terus dibina dan dipertahankan sebagsi ciri khas bangsa Indonesia. Sukses selalu dan barakallah

26 Jan
Balas

Melestarikan dan meneladaninya bersama, Bu.Sehat dan bahagia Bu Pipi...

26 Jan

Semoga karakter bangsa Indonesia masih tetap lestari walaupun zaman berusaha menggilasnya....Sugeng sonten Bu Fila...Barakallah..

26 Jan
Balas

Benar, Bu. Semoga kita bisa mewariskannya pada keluargan anak didik kita. Mesak e yen ga kenal, Bu. Mksh sudah singgah.Sehat dan bahagia, Bu Rini...

26 Jan

Masih tetap guyub lho Ibu di pinggiran kota Medan masih terlihat saling membantu baik suka maupun duka.Barakillah ibu Fila

26 Jan
Balas

Alhamdulillah,selamanya guyub rukun, Bah. Mtrnwun Abah ersa pinarak. Sehat dan bahagia Abah dan Bunda...

26 Jan



search

New Post