Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
Ngopi Pagi Sak Sruputan
Momo Bae Coffee, Cilacap

Ngopi Pagi Sak Sruputan

Penggemar kopi, belum lengkap dalam sehari semalam belum menikmati secangkir kopi. Secangkir lagi dan lagi. Bahkan ada yang sampai bergelas-gelas kopi, untuk menikmati kopi dalam bekerja baik siang maupun malam. Bila sedang santai pun penggemar kopi tetap ngopi, tak lengkap tanpa ditemani kopi panas.

Menikmati secangkir kopi di pagi hari, sebagai energi awal bagi kegiatan rutin boleh saja. Tapi kalau kebanyakan, bisa membuat tubuh tak seimbang, demikian disebutkan dalam sebuah buku berjudul ‘’Inner Healing In The Office’’ . Menurut Elizabeth Somer, pakar diet dan penulis buku Food and Mood mengatakan, Membutuhkan waktu yang lebih dari 12 jam lamanya sebelum kafein dari kopi meninggalkan sistem tubuh sepenuhnya.

Kopi disebut-sebut sebagai penyebab menurunnya produktifitas kerja. Hal ini identik dengan perokok yang memiliki produktivitas kurang, dibanding bukan perokok, hal ini masuk akal karena mereka harus meninggalkan meja kerja untuk merokok. Tetapi mengapa dihubungkan dengan mereka yang minum kopi, sementara seseorang minum kopi tanpa harus meninggalkan meja kerja? Bukankah kopi sebagai penambah energi?

Ternyata penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa peminum kopi sama saja akan meninggalkan tempat kerja untuk ke toilet, sebagai akibat dari kopi yang diminum. Kopi termasuk obat pendorong produksi air seni yang menyebabkan sering buang air kecil. Penelitian dilakukan dengan konsumsi kopi sebanyak 350 miligram dan rata-rata satu cangkir kopi mengandung 100 miligram kopi.

Seorang ahli gizi dari Inggris, Sarah Schenker mengatakan bahwa minum kopi tiga sampai empat cangkir per hari tidak masalah, sepanjang dibarengi minum air mineral dan minuman lain yang tidak mengandung kafein. Karena kebanyakan atau hanya minum kopi saja akan membuat sakit kepala.

Meminum kopi dan membatasi godaan untuk menambah lagi sampai satu jam kemudian. Menurut para ahli, peminum teh dan kopi yang memulai harinya tanpa kafein, mempunyai pikiran yang kurang tajam dibanding mereka yang minum secangkir kopi. Namun, para ahli menemukan minum lebih dari secangkir kopi akan menimbulkan efek negatif lain. Bila mengantuk di pagi hari coba minum teh herbal untuk menyegarkan tubuh.

Untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, segera setelah minum kopi pagi, langsung minum air putih saat itu juga agar proses pencernaan kafein dalam tubuh berjalan lebih cepat dan tak tertunda. Minumlah air putih untuk segera mengeluarkan zat-zat yang mengganggu tubuh .

Setiap orang mendambakan hidup sehat dan bahagia. Islam mengajarkan agar makan dan minum jangan berlebihan. Karena bertumpuknya makanan dalam perut akan menyebabkan penyakit. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa zikir, wirid, memaca shalawat, ruku’, dan sujud mempunyai kekuatan bekerja lebih baik dan dominan dari pada obat. Menjaga dan merawat kesehatan jauh lebih baik dari pada sakit dan berobat.

Allah SWT berfirman,’’Hai, Anak Adam pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.’’(QS Al A’Raf: 31)

Ayat tersebut memerintahkan kepada manusia untuk memakai pakaian yang indah dalam mengerjakan ibadah. Yaitu pakaian yang dapat menutup aurat. Lebih sopan lagi pakaian itu bersih dan baik, juga indah yang dapat menambah keindahan seseorang dalam beribadah kepada Allah.

Perintah makan dan minum, tidak berlebih-lebihan, yakni tidak melampaui batas, merupakan tuntunan yang harus disesuaikan dengan kondisi seseorang. Sebab kadar tertentu yang dinilai cukup untuk seseorang boleh jadi telah dinilai melampaui batas. atau belum cukup buat orang lain. Bersikap proposional dalam makan dan minum, termasuk yang suka ngopi. Ayo, ngopi pagi sak sruputan...sak sruputan lagi...hemm harumm...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sripiit... Segere.. Manteb!!

17 Feb
Balas

Es kopi, Pak. Tapi Pak Tanto biasanya kopi hitam panas bul kebul sukanya. Sehat semangat, Pak...

17 Feb

Wow filosofi kopi yang sangat komferensif. Terus menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Ibu Fila

18 Feb
Balas

Kebiasaan membuatkan kopi, Pak. Meski bukan penikmat kopi. Sehat dan sukses, Pak Mulya...

19 Feb

Saya ngopi juga kadang-kadanh juga bunda

23 Feb

Makan dan minum tidak berlebih-lebihan, sesuai ajarn Rasulullah: "Makan setelah lapar, berhentilah sebelum kenyang. Jazakillah khori, sudah mengingatkan Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda. Hmmm...mak sruput....srruup...srrruuuppp...

17 Feb
Balas

Sak sruputan saja untuk saya, Bun. Untuk Bunda jus jambu saja, ya. Sehat dan bahagia Bunda...

17 Feb

Sak sruputan saja untuk saya, Bun. Untuk Bunda jus jambu saja, ya. Sehat dan bahagia Bunda...

17 Feb

Wowwww, sruput. Apa yang dusruput. Aku gak suka kopi. Sukses selalu dan barakallah

17 Feb
Balas

Nyruput teh hangat saja ya, Bu. Mksh sudah singgah. Sehat dan semangat, Bu...

17 Feb

Kadang2 Bu..nek lagi kepengin....Segerrrr.. Tapi aja keseringan ora apik...Maturnuwun kopine...Sehat dan selalu semangat...

17 Feb
Balas

Betul, Bu. Kadang-kadang bae, nggo tamba kepengin. Tetap sehat tetap semangat, Buu...

17 Feb

Keren banget ulasannya Bunda

23 May
Balas

Abah juga suka kopi, hanya sesekali waktu duduk di kantin aja. Baarikillah Ibu Fila

18 Feb
Balas

Ngopi sak sruputan saja ya, Bah. Menikmati kopi di kantin. Sehat dan bahagia, Bah...

19 Feb

Sudah siang, ngopi lagi. Para gurusianer harusnya sudah mulai meninggalkan kebiasaan ngopy., karena sudah belajar membuat kalimat sendiri.

17 Feb
Balas

Oke, Pak. Belajar menulis lagi,ngopinya buat yang lain saja. Mksh Pak Noto sudah singgah. Sehat dan sukses, Pak...

17 Feb

Wah... nikmatnya ngopi sesruputan, senikmat membaca tulisan ini. Salam sukses barakah.

19 Feb
Balas

Jangan banyak-banyak, Pak.Habis nanti gulanya jok kopi, jok gula, jok air panas terus. He... he... Sehat semangat, Pak Mar...

19 Feb

Selamat menikmati kopi pagi Bunda. Kalau saya gak pernah minum kopi hehe. Barakallah

17 Feb
Balas

iya, Bu. Sama saya juga ndak pernah ngopi. Tapi hampir tiap hari buat kopi untuk tamu. Sudah kenyang menghirup aromanya. Hi...hi...Mksh, Bu Fera sudah singgah. Sehat dan semangat, Bu...

17 Feb

Satu kali Srupuuuuut..... pasti diikuti sruput yang berikutnya bagi pecintanya .... tapi bagi diriku bu Fila satu sruput sudah cukup untuk mendapatkan sensasinya, sukses dan barokallah

23 Feb
Balas

Kebanyakan nyruput ndak bisa tidur, Bu. Sehat selalu, Bu Noor...

23 Feb

*. آَمِيـٍـِـن*ْ ... *آَمِيـٍـِـن*ْ *... آَمِيـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن*ْ

23 Feb



search

New Post