Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
Obat Hati

Obat Hati

Sebuah ungkapan, yang diambil dalam sebuah buku berjudul Inner Healing In The Office salah satunya adalah pekerjaan bisa membuat seseorang sakit. Karena rutinitas pekerjaan setiap hari, ada masanya seseorang merasa jenuh dengan pekerjaannya. Padahal memiliki sebuah pekerjaan membuat kita bangga, dari pada menganggur. Namun kejenuhan bisa menghinggapi seseorang bila tidak ditangani dengan baik.

Bekerja bukan hanya mendapatkan penghasilan dalam bentuk uang, namun juga mencari kebahagiaan batin. Untuk menghindari kejenuhan yang dapat berakibat seseorang sakit , maka kita harus pandai-pandai menjadikan pekerjaan sebagai obat mujarab.

Sebuah pengalaman oleh Sir James Thomasan, seorang pettinggi Inggris di India yang istrinya mati suri bertahun-tahun. James menutup kesedihannya dengan bekerja keras. Hasilnya jalan besar Grand Trunk Road dan sebuah kanal di sungai Gangga. Bangunan yang sangat terkenal dan dikenang sepanjang masa. Kita bisa mengambil sebuah pengalaman agar pandai-pandai menggunakan kekuatan penyembuhan dari pekerjaan untuk meraih kebahagiaan hidup.

Untuk menghindari keluhan yang dapat menyebabkan pekerjaan yang membuat sakit, misal sakit perut, maag, perih, lemas, mengantuk dan lain sebagainya. Banyak cara yang dapat dilakukan contohnya sebagai berikut:

1. Hargai Setiap Suap Makanan

Mensyukuri setiap suap makanan akan membuat anda mampu menghargai kelezatannya dan bagaimana makanan tersebut memberi energi pada tubuh.

2. Harus Sarapan

Makan pagi dapat meningkatkan asupan harian nutrisi, karena merupakan starting point untuk beraktifitas seharian. Selain itu sarapan juga dapat meningkatkan konsentrasi kecuali bila anda sedang berpuasa maka pengganti sarapan pagi ketika anda makan sahur meskipun hanya sepotong roti dan susu.

3. Isi Energi Saat Makan Siang

Agar stamina tetap terjaga pilihlah makan siang yang mengandung asupan karbohidrat dan protein.

4. Perbanyak Minum

Air putih meningkatkan sirkulasi yang mempercepat aliran oksigen dan nutrien dalam tubuh.

Dalam ajaran Islam sebagai obat kejenuhan dalam bekerja, kesehatan yang terganggu karena padatnya aktifitas sudah nyata teruji obatnya. Obat hati yang turun temurun, dilakukan dari generasi ke generasi yang terkenal dalam sebuah lagu Tamba Ati. Sebuah obat hati untuk mengantisipasi rasa jenuh, malas dan putus asa. Lagu ini sering dikumandangkan melalui puji-pujian dalam surau, masjid sambil menunggu jamaah yang belum datang, sebelum shalat berjamaah dimulai.

Tamba Ati

Tamba ati iku ana limang perkara

Kaping siji maca Qu’ran sak maknane

Kaping pindo shalat wengi lakonono

Kaping telu weteng sira ingkang luwe

Kaping papat dzikir wengi ingkang suwe

Kaping lima wong kang shaleh kumpulana

Salah sawijining sapa bisa anglampahi

Insyaallah Allah Ta’ala ngijabahi

Untain syair lagu tersebut di atas bila kita pahami terdapat pelajaran yang penuh hikmah dalam kehidupan. Siapa saja yang dapat menjalaninya maka hidup lebih tenang dan damai. Kejenuhan dan kepenatan pekerjaan akan sirna.Ujian hidup tidak lepas dari manusia. Kesenangan maupun kesedihan, kekayaan dan kemiskinan merupakan ujian kehidupan yang tidak lepas dari manusia.

Sebagai tamba/obat hati dapat mengamalkan apa yang tersirat dalam syair lagu penuh makna di atas. Seharusnya untaian lagu Tamba Ati menjadi pengingat diri dalam melangkah, menjalani kehidupan agar selamat dunia dan akhirat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tamba ati...ulasan yang mantul Jeng...makasiiih sudah diingatkan...sehat n sukses...barakallah

08 Jan
Balas

Mengingatkan diri,Bu.Senandungnya membuat hati luluh. Tamba ati iku... Mksh, Bu sudah singgah.Sehat dan bahagia, Bu Lupi di antara tugas-tugasnya...

08 Jan

Mantaffff, Bunda. Dan....yang paling penting selalu membungkus tugas yang kita emban sebagai bentuk pengabdian kepada sang Pemberi Hidup, agar terlepas dari kejenuhan. Jazakillah khoir untuk tulisan sarat ibrah ini. Salsm sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan
Balas

Setuju, Bun. Pengabdian kepadaNya. Mksh, Bunda sudah singgah. Sembuh dan sehat kembali kaki Bunda...

08 Jan

Nonjok aku, point 3 yang sulit kulakukan. Boleh diganti gak tuh point 3, hehehe. Benar sahabatku, kita harus pandai dan bijak menyikapi sesuatu, termasuk hal seperti itu. Sukses selalu dan barakallah

08 Jan
Balas

Nggih, Bu. Pandai dan bijak agar tak salah langkah. Mksh, ibu sudah singgah. Sehat dan semangat Bu Pipi...

08 Jan

Ulasan yang nonjok banget mbakyu...Matur nuwun pengingatnya..Sehat dan sukses yaa...

08 Jan
Balas

Pengingat kita.Berusaha menjalaninya, Bu. Mksh, Bu Rini sudah mampir. Sehat dan bahagia Bu Rini...

08 Jan

Mantul bu..penawar yang nyata , tdk dipungkiri lagi khasiatnya.Aku paling sering telat sarapan...jadinya sering kambuh sakit maag

10 Jan
Balas

Sarapan dulu biar fit, Bu. Bisa dibungkus kalau ndak sempat he... he... Sehat dan bahagia, Bu Yani...

10 Jan

Ya...obat yang sesungguhnya dan penawar yang sebenarnya.

08 Jan
Balas

Betul, Pak. Menyehatkan dan menyejukkan luar dalam. Mksh, Pak sudah singgah. Sehat dan bahagia, Pak Taufik dan keluarga...

08 Jan



search

New Post