Firdayati, S. Ag. M. MPd.

Mengajar di MTsN 1 Kota payakumbuh Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. SUMBAR....

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGHALANG KESHALEHAN

PENGHALANG KESHALEHAN

Penghalang Keshalehan

Tagur # H 6

Sejatinya, semua orang ingin menjadi orang baik di mata Allah SWT dan bermanfaat serta berguna bagi sesama manusia. Dalam bahasa agama, inilah yang disebut dengan orang shaleh. Namun dalam realitanya tidak semua orang berhasil mewujudkan niat baiknya tersebut di dunia nyata.

Terkait dengan masalah ini Ali bin Abi Thalib pernah berkata:

لولا خمس خصال لصار الناس كلهم صالحين:

اولها القناعة باالجهل، والثاني والحرص على الدنيا، والثالث والسح بالفضل،والرابع والرياء فى العمل، والخامس اعجاب المرء بنفسه.

Menurut Ali bin Abi Thalib Karramallahu wajhahu ada lima faktor yang menyebabkan seseorang gagal alias tidak berhasil menjadi orang shaleh. Yaitu :

1. Merasa cukup dengan kebodohan atau merasa nyaman dalam ketidaktahuan.

2. Serakah dan tamak terhadap dunia.

3. Kikir dengan kelebihan rezeki yang diperoleh nya

4. Riya dalam beramal

5. Kagum kepada diri sendiri alias sombong.

Semoga kita di jauhkan dari hal yang demikian.

Payakumbuh. Selasa, 25 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post