Safiroh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dari Pak Edi

Belajar dari Pak Edi

Suatu hari, saya tidak ingat pasti, ba’da subuh saya membuka gurusiana. Tampak satu di antara penulis populer adalah Pak Edi. Unggahannya “Awas! Ini Bacaan Khusus Dewasa!” beberapa hari muncul dan menarik perhatian saya. Saking berkesannya, saya pun meninggalkan jejak komentar di sana. Berikut selengkapnya:

“Judul memikat muncul di Artikel Populer langsung saya klik, Pak. Hmm...menarik. Salam takzim Pak Edi. Saat ber-SKSS pada postingan gurusianer, saya sering ikut belajar dari notes Bapak di kolom komentar. Berulang saya baca, amati, dan praktikkan saat saya menulis. Suatu cara yang efektif bagi saya pribadi. Notes seperti itu sangat penting untuk peningkatan kualitas tulisan kita. Matur nuwun Pak Edi. Salam sukses.”

Siapa Pak Edi? Saya sendiri belum mengenal beliau. Baik dalam komunikasi tak bersua seperti SKSS, apalagi interaksi langsung. Mungkin posisi saya saat ini ibarat SKSD. Hihi. Tahu kan makna abreviasi itu? Yess, Sok Kenal Sok Dekat. Tak apalah, pada seorang guru luar biasa, kita harus merasa dekat. 

Beliau adalah  Pak Edi Prasetyo. Gurusianer dengan 963 follower. Bapak Kepala Sekolah hebat tersebut tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Unggahan terakhir (Kamis, 15/4) dalam opininya, Pak Edi membuat ulasan yang top banget. Bos Gurusiana Kangen Saya. Byuh… batin saya. Sampai-sampai orang nomor 1 di Gurusiana aja kangen. Pasti beliau sosok yang sangat istimewa.

Apa saja yang saya pelajari dari beliau? Banyak sekali tentunya. Dengan sangat detil beliau menyampaikan koreksi. Kaidah menulis yang penting agar kita tidak sekedar menulis. Berikut poin-poinnya:  

1.      Penulisan Kata Depan di.

Komentar beliau:

“Bagus pantunnya. Rimanya apik. Ada satu kata yg penulisannya masih belum benar. Kata 'ditaman' seharusnya ditulis 'di taman'.”

“Kali ini, cukup banyak kata yg penulisannya masih belum benar, Bu. Kata 'apapun, aktifitas, dibilik, dihati, diwarung' seharusnya ditulis 'apa pun, aktivitas, di bilik, di hati, di warung'. Kemudian kata 'yang maha kuasa' seharusnya 'Yang Maha Kuasa' (Tuhan).”

Saya jadi berhati-hati bila menulis di sekarang.

 

2.      Penulisan Kata Ganti.

Komentar beliau:

“Maaf Bu, kata ganti 'ku-' harus ditulis serangkai dg kata di belakangnya. Kemudian kata ganti '-mu, -ku, nya' harus ditulis serangkai dg kata di depannya. Karena itu, kata 'Ku tunggu, Ku nanti, Ku lihat, grup ku, melihat mu, genggaman ku, Mendekap mu', penulisannya masih belum benar. Kemudian kata 'Di penuhi' seharusnya ditulis 'Dipenuhi'. Sebab, 'di' tsb bukan 'kata depan' tapi 'awalan' sehingga penulisannya harus serangkai dg kata berikutnya. Semoga bermanfaat.”

3.      Penulisan Huruf Kapital pada Judul.

Komentar beliau:

“Maaf Pak, penulisan kata 'Hanya' pada judul tsb seharusnya 'hanya'.”

Kali ini cukup tiga poin dulu. Kesempatan mendatang saya ingin menambahkan. Oh ya, saya baru menemukan satu komentar tanpa cacat dari beliau. Ini dia. Luar biasa. “Bagus puisinya. Penulisan kata, sama sekali tidak ada yg salah. Lanjutkan!” Waaah, sungguh bahagianya mendapat komentar dari beliau seperti itu.

Atas semua pembelajaran tak langsung ini, saya ucapkan banyak terima kasih. Salam takzim untuk Pak Edi. Semoga suatu saat bisa mampir ke blog saya. Saya sungguh mengharapkan mendapat krisan dari beliau. Demikian, Pak Edi. Semoga berkenan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

10 Aug
Balas

Wow, saya suka. Potret tulisan dr sosok org itu paling susah, kecuali dr kejelian penulisnya sendiri. Bu Safiroh memamg hebat, kita bisa paham siapa sosok yg ditulisnya stlh membaca ini. Kereen.

10 Aug
Balas

Ulasan yang inspiratif dan informatif. Sehat dan sukses selalu Bu Safiroh. Salam literasi.

10 Aug
Balas

Betul, Bun. Saya juga membaca komentar beliau jadi ikut belajar hehe...

10 Aug
Balas

Keren Bu.... sehat dan sukses selalu

10 Aug
Balas

Keren banget. Pak Edi emang Hebat .Semoga sehat dan sukses selalu buat ibu bersama Keluarga tercintanya

10 Aug
Balas

Ulasan keren Mbak. Terima kasih sudah berbagi. Salam sehat, sukses, dan bahagia selalu buat Mbak Firoh.

10 Aug
Balas

saya juga senang belajar.sm pak edi

10 Aug
Balas

Keren menewen bunda. Salam sehat dan sukses selalu buat bunda sekeluarga. Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS.

10 Aug
Balas

Banyak bapak2 kok milih p. Edy Bu. Tulisan yang mantap

10 Aug
Balas

Maantap Bu cantik. Sehat dan sukses sellalu

10 Aug
Balas

Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi, terima kasih Bunda sudah berbagi.Tetap semangat berkarya.

09 Aug
Balas

Iya Pak Edi Prasetyo memang baik hati. Selalu memberi masukan bagus pada tulisan kita.

10 Aug
Balas

Keren Bu, jadi bertambah pengetahuan menulis saya, sukses selalu untuk Ibu

10 Aug
Balas

Keren bunda dalam menjelaskan sosok inspiratif. Sukses bunda

10 Aug
Balas

Alhamdulillah ada pak Edi. Aku juga pengen dikoreksi beliau. Keren bunda. Salam literasi dan sukses.

10 Aug
Balas

Alhamdulillaah, kehadiran tulisan ini membuat si pembaca lebih mantap. Trimksh.sehat selalu.

10 Aug
Balas

mantap bunda, tulisan saya juga pernah dikomentari dan dikoreksi oleh orang top seperti Pak Edi. Saya senang dikunjungi, namun belakangan tak ada lagi. Apakah Pak Edi sibuk ya.

10 Aug
Balas

Pak Edi memang sangat teliti. Saya sepakat dengan penilaian panjenengan bun. Semoga sehat n bahagia selalu bersama keluarga tercinta. Barokallah

10 Aug
Balas

Saling belajar saling mengingatkan ya Dinda. Inilah namanya keluarga. Ya keluarga MGI

10 Aug
Balas

Belajar sambil bersilaturahmi yang bermanfaat, sukses dan sehat selalu bu Safiroh.

10 Aug
Balas

Sangat mengispirasi sekali bu. Keren

10 Aug
Balas

Soal krisan Pak Edi saya juga suka memang kesalahan tulisan di akibatkan buru-buru atau kebiasaan menulisnya kita yang salah mantap bun

10 Aug
Balas

Saling mengisi saling berbagi. Saya ketularan Pak Edi Ibu Safiroh, singkatang tsb dan yg apakah sudah benar?

10 Aug
Balas

Keren ulasannya say. Tp wkt sy sklh dl pernah mendpt pelajaran 'kapitalisasi pada diri penjual'. Wah menarik skli ilmunya.

10 Aug
Balas

Mantap Bu. Gurusianer yang sangat menginspirasi.

10 Aug
Balas

Indahnya berada di keluarga besar gurusiana. Saling belajar dan mencerahkan. Saya juga sering membaca komen beliau pada postingan gurusianer. Salam hormat buat Pak Edi. Salam sukses untuk ibu.

10 Aug
Balas

Indahnya berbagi, Mantap ulasannya Busay, salam sukses selalu

10 Aug
Balas

Kata (dg) juga seharusnya ditulis ".dengan" . Keren tulisannya Bunda bermanfaat.

10 Aug
Balas

Keren ulasannya Bunda, terima kasih sudah berbagi, salam sukses selalu

10 Aug
Balas

Ini yang aku suka. Pakai aplikasi apa fotonya Bu

10 Aug
Balas

Keren dan sukses selalu bu safiroh

10 Aug
Balas

Keren ulasannya Bunda, salam sukses selalu.

10 Aug
Balas

Senangnya bisa menambah ilmu setiap hari lewat gurusiana. Sukses untuk Bunda Safiroh.

10 Aug
Balas

Keren ulasannya, sy jadi salut dengan pak Edi, sdh sy follow ibu, Sukses

10 Aug
Balas

Pak Edi, Gurusianer korektor PUEBI. Sukses selalu Bu Safiroh.

09 Aug
Balas

Keren ulasannya, Bund. Sayapun demikian, sering belajar dari para senior di Gurusiana. dengan begitu, lambat laun kita akan bisa memperbaiki tulisan kita. Masalah yang sering terjadi padaku adalah typo. Meskipun perasaan sudah dibaca sebelum diunggah, ternyata masih ada juga. Salam sehat dan sukses selalu untuk Bunda Safiroh

10 Aug
Balas

Ulasannya mencerahkan bu,sangat bermanfaat. Semogaa sehat dan sukses selalu

10 Aug
Balas

Wow pelajaran yg luar biasa, ikut belajar juga, salam sehat selalu

10 Aug
Balas

Pak edi Dan miss Firoh memang ok

10 Aug
Balas

ulasan yang sangat menginspirasi sukses selalu bunda Safiroh sehat bersama keluarga

10 Aug
Balas

Ulasan yg mantap dan bermanfaat Bunda.Sy jg pernah dikomentari sm Pak Edi. Sy jg senang sekali ada gurusianer hebat yg mau berkunjung dan memberikan saran. Semakin menambah wawasan keilmuan kita. Sukses selalu Bunda

10 Aug
Balas

mantap keren cadas... ulasan keren menewen...salam sehat sukses selalu bunda Safiroh

10 Aug
Balas

Bagus sekali seandainya saya juga bisa seperti itu. Belajar dan terus belajar karena di gurusiana kita akan menjadi maju dan banyak ilmu. Sukses selalau Bunda

10 Aug
Balas

Pak Edi memang super..beliu juga. Beberapa kali mengoreksi tulisan saya lewat messenger...dapat ilmu dari beliau Alhamdulillah

10 Aug
Balas



search

New Post