Safiroh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
NYEBELIN

NYEBELIN

Sungguh beruntung bila kita mempunyai teman-teman yang baik. Sebut saja di Blog Gurusiana ini. Meski baru mengenal sekalipun, dengan visi yang sama mengembangkan literasi, gurusianer bisa saling memberi inspirasi, ide, dan saling menguatkan. Forum SKSS medianya. Sweet notes di kolom komentar itu menjadi magnet untuk hadir menyapa kembali di kesempatan berikutnya.

Trus…apa yang nyebelin? Hmm… Gurusianer, apakah pernah punya teman yang tidak baik? super menyusahkan, atau toxic, beracun? Tentu saja ini tidak kutemui di blog tercinta ini. Ternyata memang tidak semua teman berkarakter baik ya. Adapula yang buruk. Nah, bila kita bertemu dengan teman yang demikian, pilihannya ada dua. Mengingatkannya hingga berubah. Tapi ini option sulit ya. Atau tinggalkan saja.

Apa saja sih ciri orang dengan sifat toxic ini?

Pertama, teman yang suka banget ngeritik. Pagi, siang, sore, kerjanya ngeritik melulu. Apa saja dikritik. Apa yang dia lihat seperti tidak ada bagusnya di matanya. Dan lucunya rata-rata tipe orang seperti ini, justru tidak memberikan solusi apa-apa. Dia malah senang dikenang sebagai orang yang pandai mengkritik. Padahal itu negatif. Ini bukan berarti kita tidak mau mendengarkan kritik lho ya. Kalau kritikannya membangun sih tidak apa-apa dan sangat baik untuk kebaikan kita. Tapi capek deh, kalau ketemu teman tipe seperti itu tadi. Apa yang kita pakai dari atas kepala sampai ujung kaki, tidak ada yang luput dari kritikannya. Ada nggak sih orang seperti ini? Ternyata ada lo. Coba deh cek di sekitar kita.

Kedua, teman yang suka complain. Ada tipikal orang yang semua hal dicomplain. Mirip dengan tipe yang pertama. Bedanya yang ini kerjanya mengeluh. Dikit-dikit mengeluh. Diucapkan berulang kali pula. Hidupnya nggak happy. Makanannya kurang enak. Pakaiannya nggak modis. Bosan di rumah terus. Semua dikeluhkan. Bahkan yang sudah bagus pun tak luput dari keluhannya. Pergi tamasya ke Puncak misalnya, masih sempat nanya kok nggak ada ACnya. Tangganya tinggi banget ya. Dan lain sebagainya. Kalau kita tiap hari dengar keluhan, jangan-jangan kita jadi ikut ngeluh juga. Bersyukurnya semakin tipis.

Ketiga, teman yang gampang banget meminjam. Minjam duit, minjem barang, atau apa aja. Mending kalau mengembalikannya masih baik. Kadang-kadang barang yang dikembalikan dalam keadaan yang sudah tidak utuh. Rusak pula. Parahnya, tidak ada beban. Bolehlah kita berteman. Sesekali saat kita butuh boleh meminjam. Pinjam sepeda, buku, atau uang. Tetap ada etikanya. Segera setelah selesai ya dikembalikan. Yang tidak disukai itu yang suka pinjam doang. Hampir semua orang pernah dipinjam barangnya. Tas pinjam si A. Jaket pinjam si B. Sepatu pinjam si C. Hadeeuuh.

Keempat, teman yang suka ingkar janji. Suka terlambat. Ada lho orang yang senang banget telat. Padahal, misalnya janjian itu rumahnya lebih dekat daripada rumah kita. Eh malah dia yang datangnya paling telat. Star syndrome juga tipe seperti ini. Senang saat semua orang sudah datang, dia datangnya paling akhir. Ngeselin banget kan? Kalau bisnis dengan orang semacam ini pasti akan banyak dirugikan.

Semoga keempat sifat toxic tersebut tidak ada pada diri kita ya. Nggak mau kan jadi orang yang nyebelin. Let’s be a good friend.

Sumber gambar : freepik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap penjelasannya mbak.. Semoga diriku bukan racun dalam pertemanan... haha... Sukses selalu

21 Jul
Balas

Sip Pak. Salam sehat dan sukses selalu.

21 Jul

Ulasan yang menginspirasi dan sangat bermanfaat. Semoga kita terhindar dari ciri-ciri toxic itu. Sehat dan sukses selalu Bu Safiroh. Salam literasi.

21 Jul
Balas

Amiin...semoga kita senantiasa berkarakter mulia dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

21 Jul

Ulasan yang menarik dan faktual. Kalau ketemu yg kaya gitu, sabarin aja. Buat cermin kita utk introspeksi juga hehe....

21 Jul
Balas

Benar sekali Bun. Moga kita selalu berbenah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sehat selalu Bun.

21 Jul

Semoga saya dijauhkan dari sifat itu, terima kasih sudah mengingatkan Mbak

26 Jul
Balas

Benar sekali Bun. Mari selalu berbenah. Sehat selalu Bun.

26 Jul

Ulasan yang bermanfaat Bu.... sehat dan sukses selalu

21 Jul
Balas

Barokalloh Bun. Alhamdulillah, sehat dan semangat selalu ya Bun.

21 Jul

Tipe satu dan dua bisa jadi pelakunya satu orang. karena sudah biasa ngadepin tipe seperti itu, ya santai saja sih. Harus hati-hati.

21 Jul
Balas

iya ya Bun. Emang persis. Sepakat Bun, untuk berhati-hati. Sehat selalu ya Bun.

21 Jul

Sama-sama ya bunda. Terimakasih doa bunda, semoga pakde masih diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Selamat merayakan Idul Adha buat bunda sekeluarga. Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS. Salam sehat dan sukses selalu buat bunda sekeluarga.

20 Jul
Balas

Alhamdulillah, semoga selalu sehat, banyak saudara, teman yang baik, dan sukses selalu.

21 Jul

Semoga ngak ada deh padaku. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H / 20 Juli 2021 M Mohon maaf lahir batin. Sehat dan sukses selalu

20 Jul
Balas

Alhamdulillah mari miliki pribadi mulia. Amin. salam sehat.

20 Jul

Aamiin ya Allah. Semoga ya Bu dan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H, mohon maaf lahir bathin

20 Jul
Balas

Barokalloh Bun, semoga hikmah Idul Adha semakin meningkatkan karakter baik pada diri kita.

21 Jul

Semoga saya tidak termasuk teman yang nyebelin ya. Terima kasih untuk artikel pengingatnya yang mantap banget. Sukses selalu untuk Ibu.

20 Jul
Balas

Amiin...Bun. Nyaman untuk disenangi dan dicintai. Bukan sebaliknya. Sehat selalu Bunda.

20 Jul

Tulisan yang informatif bunda. Terima kasih telah berbagi ilmu.

21 Jul
Balas

Selektif berteman ya Bun. Salam sehat selalu

21 Jul

Terima kasih, Ibu Safiroh sudah berbagi ilmu yang menyampaikan pesan moral yang sangat mengedukasi dan memotivasi. Semoga saya mampu menyikapi ulasan ibu agar dalam berteman tidak nyebelin. Semoga sehat dan sukses selalu

21 Jul
Balas

Bu Maria, tentu kita memilih untuk menjadi teman yang menyenangkan ya Bu. Salam sehat selalu.

21 Jul

let's be a good friend. hem... seger sekali ini ulasan...sukses selalu say...

20 Jul
Balas

Thank you so much Bun. Try and try again to be good in wrtiting.

21 Jul

Ada loh lembaga yang mewadahi teman yang suka banget ngeritik. Pagi, siang, sore, kerjanya ngeritik melulu. Yang keempat teman dengan predikat telatan. hehehe. Semoga kita dijauhkan dari semua sifat yang buruk. Salam sehat selalu. Selamat idulAdha, mohon maaf lahir dan batin.

21 Jul
Balas

Bener Pak Isak, sampai ada lembaganya ya Pak. Amiiin...Amiin...mari hiasi diri sengan sifat yang baik. Sehat selalu Pak.

21 Jul

Aduuuh.. semoga saya tidak termasuk nyebelin..Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga sehat dan sukses selalu

20 Jul
Balas

Ya Bun, punya teman yang nyebelin itu bikin kesel banget. Amiin...Amiin...semoga kepribadian kita selalu baik.

21 Jul

Terima kasih banyak untuk Admin dan sahabat pembaca yang berbahagia. Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Salam literasi.

08 Aug
Balas



search

New Post