FITHRA, S. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru...., Penginspirasi Peserta Didik

Peran guru dalam menginspirasi peserta didik

(Renungan bagi para guru pada HGN)

Guru sebagai seorang pendidik tugasnya bukan hanya mendidik dan menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik di kelas. Guru harus mampu memahami latar belakang dan karakter dari peserta didik yang ada di kelasnya. Kemampuan guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didiknya, juga harus memahami karakteristik masing-masing peserta didik.

Guru yang baik adalah guru yang dapat memberikan inspirasi kepada peserta didiknya. Inspirasi ini ditunjukkan guru dengan memberikan teladan dan nasihat membangun kepada peserta didik. Teladan dan nasihat membangun yang diberikan kepada peserta didik tujuannya agar mereka belajar tanpa rasa takut jika salah dan dikatakan tidak mampu dalam belajar.

Guru harus mampu mengajak peserta didik yang merasa kurang mampu atau tidak bisa melakukan sesuatu dalam belajar. Inilah peran guru untuk memotivasi, membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam belajar. Peserta didik yang berhasil di masa depan adalah peserta didik yang dididik dan diarahkan oleh orang tuanya di rumah dan guru-gurunya di sekolah yang punya kemampuan luar biasa dalam membimbing, membina dan mengarahkan.

Keberhasilan peserta didik bukan tergantung kepada besar atau kecilnya sekolah, terkenal atau kurang terkenal suatu sekolah, tetapi lebih kepada gurunya yang mampu menginspirasi peserta didiknya dengan baik. Guru harus mampu memotivasi peserta didiknya untuk berani menghadapi hidup bukan memotivasi untuk berani mati. Artinya guru harus memotivasi pserta didik dengan memberikan teladan yang baik.

Perkembangan teknologi yang demikian melejit saat sekarang, memberi pengaruh yang sangat besar terhadap peserta didik. Pengaruh positif dapat menunjang keberhasilan peserta didik. Pengaruh negatif akan dapat menggagalkannya. Oleh sebab itu peran guru sangat berarti dan harus mampu melakukan pendekatan yang persuasif kepada peserta didik agar mereka tidak mengalami kegagalan.

Memang pada kenyataannya, peserta didik ingin menjadi lebih terkenal dan update dengan segala sesuatu yang baru. Tetapi kadangkala mereka kurang mampu mem-filter yang baik dengan yang buruk. Inilah salah satu peran guru dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik. Marilah kita sesama guru menginspirasi peserta didik dengan nasihat dan teladan yang baik agar peserta didik kita meraih keberhasilan di masa datang karena merekalah generasi penerus bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju bu Fithra

24 Nov
Balas

Trims, Bu Yet. Baru belajar Bu , mohon kritikannya.

24 Nov



search

New Post