Fithriyah

Fithriyah dilahirkan di Kediri, bulan September tahun 1977. Putra dari Bapak Dartojo dan Ibu Siti Fathonah. Pendidikan SD sampai SMA ditempuh di kota Pare-Kedir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Memasuki Usia 40 Tahun

Ketika Memasuki Usia 40 Tahun

Hari-hari terakhir di penghujung bulan Agustus selalu mengingatkanku tentang bilangan masa yang telah terlewati. Terlebih lagi, menjelang bulan September tahun ini aku akan menuju sebuah bilangan usia yang telah tersebut dalam Alquran. Bilangan usia itu semestinya menjadikan seseorang bisa lebih mensyukuri nikmat Allah yang telah dilimpahkan padanya. Usia ini seharusnya juga menjadikan seseorang lebih bisa menunjukkan bakti terhadap kedua orangtuanya.

Simak saja penuturan Allah dalam surah Al Ahqaf [46], ayat 15.

Allah SWT berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗ حَمَلَـتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗ وَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوْنَ شَهْرًا ۗ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةً ۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ ۚ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

wa washshoinal-insaana biwaalidaihi ihsaanaa, hamalat-hu ummuhuu kurhaw wa wadho'at-hu kurhaa, wa hamluhuu wa fishooluhuu salaasuuna syahroo, hattaaa izaa balagho asyuddahuu wa balagho arba'iina sanatang qoola robbi auzi'niii an asykuro ni'matakallatiii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shoolihan tardhoohu wa ashlih lii fii zurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal-muslimiin

"Dan Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya. Ibunya mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun ia berdoa: Ya Rabbi, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

Dijelaskan oleh Ibnu Katsir di dalam tafsirnya bahwa tatkala Allah SWT menyebutkan ayat tentang pentingnya tauhid dan istiqamah di dalam ibadah, maka selanjutnya Allah mewasiatkan anjuran berbuat baik kepada kedua orang tua. Beliau (Ibnu Katsir) menjelaskan tentang manusia jika telah berumur 40 tahun maka akan matang daya pikirnya, sempurna pemahaman, dan kelembutannya.

Doa yang disebutkan dalam surat Al Ahqaf tersebut mengandung makna bahwa apabila telah berusia 40 tahun, maka hendaknya bersegera untuk bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah, serta menyesali perbuatan dosanya dan benar-benar menapaki jalan yang lurus. Karena dengan jalan itu Allah akan menerima segala perbuatan baiknya dan menghapuskan dosa-dosanya sehingga dia pantas tinggal di surga.

Disebutkan pula oleh Imam Asy Syaukani bahwa, "Dikatakan oleh banyak ahli tafsir, bahwa tidaklah pernah Allah mengutus seorang Nabi menjadi Rasul untuk menyampaikan risalahnya kecuali telah berumur 40 tahun. Maka ayat ini menunjukkan bahwa apabila seseorang mencapai 40 tahun, agar memperbanyak dakwah, mengajak manusia untuk kebaikan."

Al Qurtubi juga memberikan penjelasan bahwa Allah menyebutkan bahwa siapa saja yang telah mencapai umur 40 tahun, maka itu adalah waktu baginya untuk mengetahui tingkat kenikmatan yang telah Allah berikan kepadanya, serta saat yang tepat ia harus berbuat baik kepada kedua orangtua dan bersyukur kepada-Nya.

Wahai hamba, ingatlah, pikirkanlah, renungi nikmat Allah dan jangan sekali-kali mengingkari nikmat-Nya agar kita mendapatkan keberuntungan.

Tulisan ini sebagai pengingat diri dan orang lain supaya senantiasa mensyukuri nikmat Allah.

Fithriyah, 27 Agustus 2017 M (6 Dzulhijjah 1438 H)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

subhanallah. Terima kasih sudah berbagi. Keren banget

28 Aug
Balas

Lebih keren pak Leck lah...

28 Aug

Terima kasih mbak fitri, sangat bermanfaat sebagai pengingat

28 Aug
Balas

Sama-sama Bu Ari yang cantik...

28 Aug

Hatur nuhun. Sangat bermanfaat... makasih yaa. Hebat dan keren.

28 Aug
Balas

Alhamdulillah jika bermanfaat

28 Aug

Alhamdulillah jika bermanfaat

28 Aug



search

New Post