Fitra Yadi

Nama Saya Fitra Yadi Malin Parmato, biasa dipanggil Malin. Sekarang mengajar di Pondok Pesantren Ma'arif As-Saadiyah Batu Nan Limo Koto Tangah Simalanggang keca...

Selengkapnya
Navigasi Web
BEBAN GANDA SEORANG GURU WANITA
Suasana di ruang guru di salah satu Madrasah Suasta di Payakumbuh

BEBAN GANDA SEORANG GURU WANITA

Banyak item beban yang dipikul seorang guru perempuan, apalagi kalau ia punya jabatan pula di Sekolah ataupun di Madrasahnya.Sebagai contoh saja, ibu Aini. Beliau seorang kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah swasta di Payakumbuh yang mengajar juga mata pelajaran Bahasa Inggris.Ia mesti datang ke Madrasah pagi-pagi sekali, pukul 07.10 memastikan kesiapan belajar kemduan menjadi pembicara pada apel pagi murid-muridnya di Madrasah. Biasanya pukul 16.00 sore barulah ia pulang lagi ke rumah.Selama di Madrasah banyak hal yang ia kerjakan seperti membimbing murid, mengelola bahan ajar, menyampaikan materi ajar, rapat dengan WK bidang, mencek guru-guru yang terlambat, tidak datang karena sakit, izin dan alfa. Memikirkan keuangan, dana Bos, dan tetek bengek lainnya, yang membuat ia sering sakit kepala.Kadang telat makan karena sibuk, dan juga telat pulang karena banyak pekerjaan, apalagi kalau banyak guru yang tidak datang karena cuaca hujan dan sebagainya, pusinglah kepala sekolah memberi tugas untuk murid-muridnya.

Kalau di rumah, banyak pula kerjaannya, seperti memasak, mencuci, mengurus anak, menyetrika sampai kurang waktu istirahat. Untung ibu Aini punya suami yang pengertian yang mau berbagi meringankan beban sang istri, tanpa segan-segan ia juga membantu memasak, mencuci dan sebagainya.

Kita lihat guru-guru perempuan yang lain, sesampai di rumah stresnya bertambah-tambah, rumah bukan lagi tempat istrirahat, bukan lagi sebagai tempat pulang yang nyaman, namun sebagai tempat bertugas pula selain sekolah.

Semoga guru-guru perempuan mendapatkan pasangan yang mengerti dengannya dan mau meringankan bebannya pula.#31Ditulis oleh: Fitra Yadi, S.PdIDi SarilamakRabu, 04 Februari 2020 H - 09 Rajab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yang penting hati ini ikhlas dalam mengerjakan semus tugas yang sudah menjadi bagian hidup seorang wanita untuk keluarganya

05 Mar
Balas

betul buk Tantri..

12 Mar

Dilema wanita bekerja. Begitu kira-kira ya Pak?

05 Mar
Balas

Iya buk, banyak yang mengalami demikian

12 Mar

Semoga guru-guru perempuan diberi kemudahan dalam menjalankan tugas ganda ini!!aku banget

05 Mar
Balas

he hehhehe

12 Mar



search

New Post