FITRIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MPLS tahun 2020 perlukah? (Tantangan 3)

Tahun Pelajaran 2020/ 2021 telah datang. Setiap sekolah tentunya kembali merancang program sekolah untuk satu tahun mendatang. Termasuk diantaranya program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang kita kenal dengan MPLS. Walaupun Pandemi covid 19 belum berakhir namun pihak sekolah berkewajiban memberikan stimulus awal bagi peserta didik untuk melaksanakan pendidikan di sekolahnya sehingga peserta didik tetap semangat, tetap sehat dan tetap sekolah.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 01/KB/2020 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran tahun 2020/ 2021 merupakan dasar hukum yang mengisyaratkan bahwa kita harus menyusun program MPLS meskipun di masa pandemi. Pelaksanaannya dapat melalui daring ataupun luring. Hal ini bertujuan agar bisa meminimalisir terjadinya penularan covid 19 di sekolah.

Pelaksanaan MPLS harus dengan perencanaan yang matang. Sekolah menyusun Standar Operasional Prosedur yang jelas sehingga tidak gegabah dalam melaksanakannya dan bisa menjadi panduan bagi semua warga sekolah dan yang tak kalah pentingnya bagi pendidik itu sendiri.

Tahap perencanaan dilakukan dengan menyusun panitia MPLS, menyusun silabus MPLS dan materi MPLS yang dirancang khusus di masa pandemi. Rancangan yang dimaksud adalah materi yang dilaksanakan secara daring dan luring. Artinya peserta didik tetap di rumah mengikuti kegiatan tersebut yang didampingi oleh orang tua dan dipandu dari sekolah oleh guru.

Untuk jenjang sekolah dasar materi tentang MPLS bisa diberikan secara sederhana. Pada hari pertama panitia membuka kegiatan dengan menyapa peserta didik dan wali murid lewat group Whatshap dan memberikan stimulus yang menarik tentang kegiatan yang akan dilaksanakannya. Berikutnya arahan-arahan baik itu oleh kepala sekolah maupun guru kelasnya. Arahan bisa diberikan dengan mengirimkan video lewat WAG sehingga peserta didik semakin tertarik dengan sekolahnya.

Informasi tentang covid 19 merupakan hal yang sangat penting diberikan pada hari pertama MPLS. Wali murid juga diminta kesediaannya untuk dapat berdiskusi sederhana tentang covid 19 dan bahayanya. Pada akhir kegiatan ini peserta didik menyadari mengapa mereka masih belajar dari rumah dan tetap memiliki semangat untuk tetap belajar.

Pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan pada hari kedua. Video tentang profil sekolah dikirimkan lewat group Whatshap sehingga peserta didik bisa menikmati dengan santai dan semangat dari rumah. Lingkungan fisik sekolah yang indah dan asri, bunga-bunga, ruang kelas belajar, tempat bermain, tempat sampah, tempat beribadah, perpustakaan yang tertata rapi, ruang komputer, toilet, dan berbagai fasilitas lainnya yang disediakan sekolah untuk kenyamanan belajar nantinya apabila sudah bisa bersekolah kembali. Profil pendidik dan tenaga kependidikan juga perlu diperkenalkan untuk menjalin jembatan hati antara peserta didik dengan pendidik. Program-program unggulan dan ekstra kurikuler yang tersedia di sekolah diperkenalkan bertujuan agar peserta didik memahami potensi dirinya dan dapat mengembangkannya nanti di sekolah.

Hari ketiga saatnya memperkenalkan cara belajar jarak jauh yang akan dilaksanakan pada masa pandemi. Orang tua dan peserta didik dipandu bagaimana mereka bisa tetap belajar melalui daring dan luring. Pada saat ini dibangun komitmen bersama antara sekolah dan wali murid dalam melaksanakan pembelajaran walaupun tidak ada tatap muka di sekolah. Disinilah semua pihak membangun komunikasi positif dengan sama-sama bertekad mendidik dan mengajar anak. Muaranya adalah anak tetap tumbuh dan kembang dan berkarakter sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia.

Dengan demikian dapatlah kita pahami begitu pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah meskipun pada masa pandemi covid 19 ini.

Tetap semangat belajar anak-anakku

Berjayalah Indonesiaku

Sarilamak, Minggu, 12 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ternyata penting sekali MPLS ya bun... keren ulasannya... moga sukses selalu

12 Jul
Balas

Keren Bun. Sudah sy follow ya

12 Jul
Balas

Makasih kunjungannya bun, sukses jugs untuk bunda

12 Jul
Balas



search

New Post