FITRIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah (Tantangan 18)

Pentingnya Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah (Tantangan 18)

Pelaksanaan pembelajaran memerlukan sumber belajar. Sumber belajar yang utama tentunya guru yang sangat diperlukan keberadaannya. Di samping itu juga dibutuhkan sumber belajar selain guru.

Sumber belajar yang sangat dipentingkan keberadaannya di sekolah adalah perpustakaan. Undang-undang Republik Indonesia pasal 43 tahun 2007 pasal 1 tentang perpustakaan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pengguna.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari keberadaan perpustakaan di sekolah. Jika dikelola dengan benar akan menimbulkan kecintaan siswa terhadap membaca. Koleksi perpustakaan yang beragam akan menarik bagi siswa. Misalnya siswa kelas bawah sekolah dasar disuguhkan cerita anak yang full color. Sudah pasti menarik bagi mereka sehingga jika ini dibudayakan akan membuat anak semakin cinta dengan kegiatan membaca.

Banyak membaca tentunya banyak ilmu yang didapat. Karenanya jika anak dibiasakan memanfaatkan membaca di perpustakaan dapat dibayangkan betapa kayanya anak dengan pengalaman belajarnya. Koleksi buku di perpustakaan sarat dengan berbagai pengetahuan, mulai dari buku pelajaran, kamus, cerita anak, pengetahuan umum dan sebagainya. Jika satu hari saja anak bisa membaca 5-10 halaman buku, dapat dibayangkan berapa ilmu yang mereka dapatkan seminggu, sebulan, bahkan setahun. Benar kata orang bijak, buku adalah jendela ilmu.

Beberapa tugas yang diperoleh anak dari guru terkadang tak bisa diselesaikan dengan satu buku saja. Anak bisa mendapatkan dari beberapa buku. Dengan koleksi buku perpustakaan dapat memperlancar anak-anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Bagi guru sendiri perpustakaan juga tak kalah pentingnya. Satu buku saja tak cukup memperkaya wawasan guru dalam proses belajar di kelas. Guru butuh beberapa sumber belajar dalam menanamkan konsep pada anak. Guru juga tak boleh miskin dengan wawasan ilmu yang diajarkannya. Jika suatu saat ada masalah yang tak bisa diselesaikan anak yang membuat anak bertanya pada guru, guru harus mampu mencarikan solusinya dan itu hanya bisa diselesaikan jika guru telah memanfaatkan berbagai buku yang ada di perpustakaan.

Di samping itu perpustakaan akan membantu anak, guru, dan semua warga sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apalagi saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin pesat. Jadi sangat dipentingkan keberadaan perpustakaan agar warga sekolah tetap bisa mengikuti kemajuan ilmu dan teknologi tersebut.

Dengan demikian seyogyanyalah setiap sekolah menyediakan layanan dan sarana perpustakaan yang memadai. Layanan tersebut antara lain gedung atau ruang perpustakaan, peralatan dan perlengkapan perpustakaan, tata ruang perpustakaan, koleksi bahan perpustakaan, tenaga pustakawa, pelayanan perpustakaan, dan tata tertib perpustakaan.

Jika perpustakaan sekolah sudah tersedia sesuai dengan standar di atas, insyaallah sekolah akan mampu meningkatkan kualitas warga sekolah.

Sarilamak, 27 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post