Fitria Gustina

Mengajar di SMAN 69 Jakarta sejak 2002 mata pelajaran Ekonomi/Akuntansi, Berasal dari Solok Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web
PENDIDIKAN KARAKTER DI LDKO SEKOLAH
Tantangan menulis gurusiana hari ke 101

PENDIDIKAN KARAKTER DI LDKO SEKOLAH

PENDIDIKAN KARAKTER DI LDKO SEKOLAH

🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇

Pendidikan karakter sebagai salah satu program yang wajib ditanamkan disekolah ,baik ditingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Karena sedapat mungkin siswa lulusan sekolah mempunyai karakter lebih dibandingkan siswa yang tidak punya kesempatan menduduki bangku sekolah.

Pendidikan karakter yang ditanamkan disekolah diantaranya adalah :

Religius, pendidikan tentang bagaimana caranya sebagai umat manusia untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing. Sebagai wujud menjalankan semua perintah dan kewajibanya terhadap sang penciptanya.

Nasionalis, Rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan negaranya, yang bisa diwujudkan dalam bentuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa dengan berbuat dan bertingkah laku berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Integritas, Dalam setiap kegiatan apapun dan dimanapun selalu bersikap jujur dan disiplin. Karena kejujuran adalah juga sebagai tiang utama dalam menjalani kehidupan agar selalu lancar dan diredhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa

Mandiri, yaitu percaya dengan kemampuan sendiri dan tanpa tergantung dengan orang lain.

Gotong royong, selalu bekerja sama dengan orang lain, ibarat pepatah, " Berat sama-sama dipikul dan Ringan sama-sama dijinjing. Segala sesuatu kalau dikerjakan bersama akan terasa ringan apalagi kegiatan tersebut bertujuan untuk kepentingan bersama.

Disekolah menengah harus ada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). sebagai wadah yang memfasilitasi para siswa belajar bertanggungjawab sesuai tugas masing-masing demi kepentingan sekolah dan siswa. Dan juga mendorong perkembangan kemampuan dan kreativitas siswa serta mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa.

Setiap ada pergantian kepengurusan OSIS dan MPK serta para ketua ekstrakurikuler wajib mengikuti kegiatan Latihan Dasar kepemimpinan Organisasi. Agar para pengurus yang terpilih mempunyai kemampuan memimpin dan rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu sebelum mengemban tugas dan tanggung jawab maka para pengurus yang terpilih dibekali berbagai materi.

Materi yang biasanya diberikan dalam kegiatan LDKO adalah :Kepemimpinan, Berorganisasi, Penyusunan AD/ART, Teknik sidang/rapat, Pembuatan proposal dan sebagainya. Dalam pelaksanaan kegiatan LDKO para peserta dituntut kedisipinan yang tinggi dan bisa mengatur waktu dengan baik. Semua harus dipunyai oleh seorang calon pemimpin dan pengurus suatu organisasi, agar organisasi berjalan lancar dan semua program yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik.

Selama kegiatan pendidikan karakter tercermin dalam pelaksanaannya, seperti setiap pagi sebelum kegiatan dimulai sudah berkumpul, mengikuti upacara pembukaan dan apel, menyelesaikan suatu permasalahan secara bersama dalam bentuk diakusi. Segala keperluan dan perlengkapan pribadi dilaksanakan dan dijaga sendiri-sendiri sebagai wujud tanggung jawab terhadap diri sendiri. Serta setiap kegiatan makan selalu bersama-sama dan dalam beribadah juga dilakukan secara berjamaah.

Berbagai keseruan dan pelajaran yang dipetik dari pelaksanan LDKO. Terutama terjalinya kerja sama yang baik walaupun capek dan lelah tapi dengan kebersamaan semua dilalui dengan baik dan senang hati. Sehingga mereka mendapatkan ilmu, keteranpilan serta pengalaman yang sangat berarti dan luar biasa sekali.

🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇

Kepulauan Seribu

Minggu/09 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bun, semoga bermanfaat, salam literasi

10 Aug
Balas

Makasih bun..

11 Aug

makasih bun...sudah berbagi.. mantap. sukses selalu

09 Aug
Balas

Makasih bun udah mampir

10 Aug

Makasih sudah berbagi info dan ilmu bun....Mantap..Salam kenal dari Medan

11 Aug
Balas

Mantap Bun. Salam literasi

09 Aug
Balas

Makasih bu..

10 Aug

Tulisan yg bagus ibu...barokalloh, sukses sll nggih

11 Aug
Balas

Aamiin.. Makasih bun

11 Aug

Alhamdulillah,,,keren bu,,,Semoga sekolah kita semakin berjaya ya bu (Aamiin)...Salam literasi!!!

10 Aug
Balas

Aamiin .. Semoga bu

11 Aug

Mantap saudaraku....sukses sll

10 Aug
Balas

Makasih bunda dewi

10 Aug



search

New Post