Fitria Nur R

Kepala Sekolah SMP IT AL HANIF Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antara TPLD, Geliat Literasi, dan Pemangku kepentingan

Antara TPLD, Geliat Literasi, dan Pemangku kepentingan

#IbuKS_poenyacerita#Penjelajahan_literasikoe

Pendampingan Implementasi Pedoman Peningkatan Kompetensi Literasidan Numerasi

Tim Pengembang Literasi Daerah (TPLD)

Aula Disdikpora Cianjur, 9 November 2022

Adalah kebanggaan bagi kami bisa diundang secara khusus untuk mengikuti kegiatan Pendampingan Implementasi Pedoman Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi di Aula Disdikpora pada tanggal 9 November 2022. Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024 menjelaskan tentang arah kebijakan peningkatana literasi, inovasi dan kreativitas. Strategi yang dilakukan yaitu dengan peningkatan budaya literasi, pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa Indonesia, bahasa dan aksara daerah, serta sastra. Pun demikian dengan penguatan institusi sosial penggerak literasi dan inovasi. Maka benarlah kiranya dibentuk Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD) demi membumikan literasi di setiap daerah.

TPLD adalah sistem pendukung yang memiliki peran sentral dalam mendorong sekolah dan Pemerintah Daerah sebagai motor penggerak pendidikan. Maka hari Rabu kemarin menjadi saksi, kami duduk bersama berdiskusi tentang sepak terjang geliat literasi di Kabupaten Cianjur. Inisiasi dari BBPMP, bersama dengan unsur Disdikpora, Arpusda, Bappeda, Pegiat Literasi, Taman Bacaan Masyarakat, Komunitas Literasi, Ormit, Akademisi, Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta pemangku lain sesuai kebutuhan daerah menjadi bagian penting dalam TPLD.

Kami membahas dan memberi masukan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan akselerasi kebijakan terkait pendidikan terutama penguatan literasi dan numerasi untuk mengatasi dampak learning loss. Mendorong setiap satuan pendidikan membentuk Tim Literasi Sekolah. Walaupun Kabupaten Cianjur belum memiliki kepengurusan TPLD, tapi kami telah membumikan literasi sesuai dengan cara kami. Tim Literasi Sekolah kami, tidak sedikit yang telah berhasil melaksanakan kegiatan secara masiv di sekolah. Bahkan kami telah bekerja sama dengan berbagai komunitas literasi di Cianjur. Seperti Gemas LiteraCi (Gerakan Masyarakat Literat Cianjur), Gareulis Jabar, Komunitas Literasi Cianjur Café 95 dan tentunya berbagai program unggulan yang diinisiasi Dinas Arpusda. Seperti Wara Wiri Literasi dan Gerakan Cianjur Maca Online dan Offline (Ge-Coo).

Semoga pertemuan kami melahirkan SK Kepengurusan TPLD agar memudahkan kami untuk melakukan pemetaan terhadap kebutuhan di lapangan dalam rangka penguatan literasi dan numerasi di satuan pendidikan berdasarkan kondisi dan situasi di daerah. Begitupula agar kami mampu berikan asesmen, advokasi, dukungan, monev, serta laporandimi geliat literasi di kabupaten kami. Hari kemarin adalah langkah awal kami untuk melaksanakan rencana tindak lanjut.

Semoga kami bisa mengemban amanah ini dengan baik. Tentunya dukungan penuh dari Disdikpora dan Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan lainya sangatlah kami idamkan. Terima kasih kami haturkan kepada tim dari BBPMP yang telah membersamai kami berdiskusi tentang literasi dan numerasi demi mendukung peningkatan IPM di Kabupaten kami.

Cianjur, 9 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post