Fitria Nur R

Kepala Sekolah SMP IT AL HANIF Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Seorang Polymath
foto diambil dari HAFECS

Guru Seorang Polymath

#hari_ke_4

#tantangan_30_hari_menulis_gurusiana

Resume Pelatihan HAFECS tentang PCK

Guru (seharusnya) adalah seorang Polymath, karena setiap guru masuk ke dalam kelas, guru sedang mendidik siswa agar menjadi polymath. Polymath adalah seseorang yang memiliki kebijaksanaan besar atau pengetahuan luas,cendikiawan, penengah, otoritas, peramal, pakar, jenius, pekerja keras, intelektual (American Heritage Thesaurus).

Pedagogical Content Knowledge

1. Knowledge of Content

Framwork bagi guru memastikan setiap tahap pembelajaran siswa dilalui dengan tepat.Pengetahuan tentang konten adalah pengetahuan tentang materi pelajaran yang perlu diajarkan (Baxter & Lederman, 1999) Guru harus mengetahui sumber pengetahuan yang kredibel dan tidak. Guru harus mengetahu strata siswa yang dituju, pengetahuan untuk tungkat SMA tidak relevan diberikan bagi tingkat SD. Begitupun kolerasi kurikulum harus sesuai dan saling bderkaitan dengan tepat

2. Knowledge of Spesific Content

Sutu pengalaman yang dimiliki siswa pada kejadian yang konsepnya sedang dibahas ole guru. Poin utama konteks adalah guru bisa memprediksi pengalaman umum siswa

3. Knowledge of Learner and Learning

Seorang guru harus mengetahui tentang keadaan siswanya sebagai seorang pembelajar. Ciri seorang pembelajar adalah:

· Orang yang belajar

· Terdorong mau belajar

· Perlu disadarkan

· Dibina oleh believe system dan lingkungan

· Dalam perjalanan menemukan esensi.

Seorang guru harus mengetahui dan mengenal karakter siswa yang intropet, ekstropet, sensing atau feeling. Memilih siswa yang auditory, visual, dan kinestetik.

Setelah mengetahui karakteristik siswa maka guru akan mudah untuk memberikan metode pengajaran yang tepat dan sesuai. Oleh karena itu, seorang guru hendaklah menguasai metode pembelajaran serta strategi yang tepat dan sesuai berdasarkan karakter siswanya.

4. Knowledge of Pedagogy

Seorang guru hendaklah mengetahui ilmu tentang intrukski atau penyampaian sesuatu bagi siswanya. Seorang guru harus menjadi komunikator yang baik. Komunikasi yang baik dalam menyampaikan intruksi bagi siswa akan menunjang tersampaikannya pembelajaran dengan baik.

5. Knowledge of Curriculum

Pengetahuan yang terkait dengan pengaturan isi/urutan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Guru mampu mengetahui serta mengaitkan materi yang dipelajari dengan mapel yang lain, disiplin ilmu pada mapel yang sama, dan topik yang lain pada mapel yang sama.

6. Knowledge of General Education Content

Pengetahuan tentang informasi umum yang mendukung dan menjadi lingkungan tempat pendidikan berlangsung termasuk pengetahuan tentang;

· Situasi kelas

· Manajemen sekolah

· Anggaran penyelenggaraan pendidikan(mikro-makro)

· Falsafah hidup penduduk lokal

Kemampuan guru dalam menyiasati pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai barang atau apapun yang ada di lingkungan sekitar.

7. Knowledge of Assesment ProcedureTools,Outcome, Values

Menurut Lev Semenovich Vygotsky mengatakan bahwa ZPD (Zone of Proximal Development) adalah serangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai oleh seorang manusia/ anak-anak secara sendirian, akan tetapi kesulitan tersebut dapat diatasi dengan bantuan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih mampu darinya yang bisa membantu. ZPD dibagi atas dua batas;

· Tingkat perkembangan aktual (actual development level) yaitu berupa pemecahan masalah secara mandiri

· Tingkat perkembangan potensial (level of potential development) yaitu berupa pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih ahli.

Educational Ends adalah keahlian/kemampuan/ pengetahuan akhir yang didapat setelah mempelajari topik yang diajarkan sehingga memudahkan siswa untuk mempelajari topik selanjutnya.

Outcome merupakan perubahan pengetahuan/sikap/skill yang akan didapat setelah mempelajari topik yang disampaikan.

Value merupakan esensi dari pelajaran yang didapatkan (karakter)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif bu

02 Jul
Balas

terima kasih Bun

03 Jul

Terima kasih ilmunya Bun..

02 Jul
Balas

sama-sama Bunda

03 Jul



search

New Post