Fitria Nur R

Kepala Sekolah SMP IT AL HANIF Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lokakarya Perdana di Tahun Kedua PSP

Lokakarya Perdana di Tahun Kedua PSP

#ibuKs_poenyacerira

#TahunkeduaPSP#PSPangkatan1Cianjur

Lokakarya Perdana di Tahun Kedua PSP

Lokakarya perdana di tahun kedua perjalanan program sekolah penggerak berikan dinamika baru bagi kami. Kami memiliki fasilitator yang baru dan tentunya rekan kelompok sesama SMP yang baru pula. Hotel Palace menjadi tempat kami bersilaturahmi dan menambah amunisi. Materi yang diusung kali ini adalah membedah assesmen awal dan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi. Kali ini kami berkelompok berkolaborasi antara KS dan dua guru dari masing-masing sekolah.

Diawali dengan refleksi diri tentang assesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi di sekolah masing-masing. Kami dibimbing untuk berdiskusi dan eksplorasi konsep tentang materi ini. Dikaitkan dengan prinsip assesmen dan prinsip pembelajaran terdiferensiasi. Pun demikian dengan perencanaan pembelajaran dan pemetaan assesmen formatif dan sumatif. Begitupula kami berdiskusi mengenai simulasi pembelajaran terdiferensiasi dan pengolahan dan pelaporan hasil assesmen. Diakhiri refleksi dan tindak lanjut.

Selaku KS, kami diingatkan kembali mengenai kepemimpinan pembelajaran. Membersamai para guru melakukan asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi. Tentunya optimalisasi strategi manajemen kelas menjadi hal penting demi pelayanan prima bagi murid-murid. Implementasi pembelajaran terdiferensiasi dilihat dari konten (materi yang akan diajarkan), proses (cara mengajarnya), dan produk (luaran atau performa yang akan dihasilkan).

Paling mengasyikan manakala kami menuliskan refleksi diri, yang memiliki tujuan untuk membangun budaya reflektif sebagai refleksi yang telah dilakukan demi perbaikan yang signifikan. Pun demikian refleksi memiliki tujuan untuk membangun umpan balik yang konstruktif. Refleksi bukan hanya bagi KS, guru dan peserta didikpun didampingi untuk melakukan refleksi terbimbing. Tiada lain demi perbaikan dan peningkatan kualitas diri.

Lokakarya kali ini berikan pemantik motivasi bagi kami di tahun kedua. Setelah tahun pertama kami disibukkan dengan memahami konsep kurikulum merdeka. Di tahun kedua, kami dituntun untuk mengimplementasikan dan berikan penguatan tentang pembelajaran berdiferensiasi yang berpihak kepada murid. Terima kasih atas kesempatan yang diberi. Belajar lagi belajar terus demi suguhkan pelayan bagi murid sesuai kebutuhan dan karakteristiknya.

Cianjur, 15 Oktober 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi!

16 Oct
Balas



search

New Post