FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

PROFIL Nama : Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E No.HP/WA : 081364466383 Email  ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Cara Menulis Berita

Hai Guru Sianer, kita jumpa kembali di sini ya! Nah, para pecinta guru siana, pada pertemuan ini kita akan belajar materi penulisan yang baru dan tentunya sangat menarik. Materi tentang apa itu? Ini dia tentang "cara membuat berita".

Materi tentang menulis berita ini saya peroleh dari nara sumber Media Guru (Eko Prasetyo). Mas Eko yang menjabat sebagai Pimpinan Redaksi Media Guru ini menjelaskan secara ringkas bagaimana cara menulis berita. Beliau memaparkan bahwa kunci menulis berita adalah dengan menggunakan rumus 5W 1H.

Penjelasan beliau bahwa 5 W 1H tersebut adalah "Apa, Kapan, Di mana, Mengapa, dan Bagaimana". Penjelasan lebih rinci menyangkut 5W 1H sebagai berikut:

"Apa" menyangkut tentang apa kegiatan yang sedang diliput, "Kapan" menyangkut kapan waktu acara berlangsung, "Dimana" menyangkut tempat acara berlangsung, "Mengapa" menyangkut mengapa acara dilaksanakan (apa tujuan acara dilaksanakan), serta "Bagaimana" menyangkut bagaimanana prosedur pelaksanaan acaranya.

Selanjutnya Mas Eko Prasetyo menambahkan bahwa jumlah kata sebuah berita minimal 200 kata. Ditegaskan oleh beliau bahwa dalam menulis berita tidak diperkenankan adanya "Sungkanisasi" (perasaan sungkan). Maksudnya tidak diperkenankan memberi label Bapak/Ibu dalam menyebutkan nama.

Penulisan yang salah: Acara MWC 6 sumbar dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan....

Penulisan yang benar: Acara MWC 6 Sumbar dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Catatan penting selanjutnya tentang kiat menulis berita menurut Mas Eko bahwa dalam berita harus ada "ujaran langsung". Maksudnya ada pernyataan langsung yang disampaikan dalam berita, baik yang disampaikan oleh nara sumber atau para peserta. Penulisan ujaran langsung mengikuti aturan baku, yaitu pernyataan diapit oleh dua tanda petik.

Menyangkut cara menulis berita ini, saya sebagai salah peserta dibebankan tugas untuk membuat tulisan tentang liputan kegiatan "media Guru Writing Camp (MWC) 6 Sumatera Barat.

Nah, sebelum saya menyelesaikan tugas menulis berita, maka seperti biasa saya menuliskan terlebih dahulu info dan ilmu cara menulis berita tersebut di blog ini. Tujuannya selain sebagai arsip dari catatan saya pribadi, tentunya juga untuk dibagikan kepada para pembaca setia guru siana di mana saja berada.

Contoh penulisan berita yang saya tulis dapat dibaca pada tulisan berikutnya ya! Nah, agar para pembaca tidak penasaran ikuti tulisan selanjutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wuih mantaplah, Mari terus kepakan sayap.

28 Jan
Balas

Wuih mantaplah, Mari terus kepakan sayap.

28 Jan
Balas



search

New Post