FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (2) RUMAH KAMPAI KAJAI

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (2) RUMAH KAMPAI KAJAI

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (2): RUMAH KAMPAI KAJAI

Balimbing nama sebuah nagari. Nagari Balimbing terletak di Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat Indonesia. Sebagai informasi bahwa nagari adalah pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Istilah nagari menggantikan istilah desa atau kelurahan, yang digunakan di provinsi lain di Indonesia.

Di Nagari Balimbing, setiap suku memiliki rumah adat, dan setiap rumah adat ada Datuk yang mengepalainya. Salah satu rumah adat yang terdapat di jorong Balimbing adalah Rumah Adat Dt.Tan Majolelo Kampai Kajai. Maksudnya rumah adat ini adalah rumah adat milik kaum suku Kampai,, dengan Datuknya yang mengepalai Dt.Tan Majolelo. Letak rumah adat ini di Kajai. Jadi kajai adalah nama tempat. Konon katanya di tempat tersebut dahulu tumbuh tanaman karet (karet bahasa Minangnya adalah kajai). Jadi, tak heran bahwa rumah adat Dt.Tan Majolelo juga disebut dengan nama Rumah Kampai Kajai atau Rumah Kajai.

Selain Dt.Tan Majolelo selaku Datuk yang mengepalai Rumah Kajai, maka di rumah adat tersebut terdapat Angku dan Dubalang. Angku dan dubalang dari rumah Kajai bernama Angku Fakih Marajo dan Dubalang Dt.Ganti.

Rumah Kampai Kajai bergonjong 4, beratap ijuk, dan memiliki ruang berjumlah 5 ruang. Rumah ini tetap mempertahankan keasliannya. Artinya rumah ini tak mengalami perubahan baik dari segi bentuk eksterior dan interior meski telah mengalami rehab pada tahun 2018. Tahun 2018 Rumah Kampai Kajai direvitalisasi melalui bantuan pemerintah.

Bagaimana bentuk rumah adat tersebut di atas silahkan lihat pada Video singkat 15 detik saja pada YouTube Channel Fitriany Gustariny dengan judul Literasi Rumah Adat Dt.Tan Majolelo Kampai Kajai Balimbing atau link YouTubenya di bawah ini. https://youtube.com/shorts/D9bCbabxFDk?feature=share

Catatan:

Rumah adat yang lainnya menyusul besok. Satu postingan satu hari untuk satu rumah adat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Itu berarti suku saya, Bu. Kebetulan orang Kampar (seperti saya) juga menggunakan pembagian klan dengan sebutan suku. Ada banyak suku di daerah saya. Satu diantaranya Suku Kampai. Dan saya adalah keturunan dengan klan Suku Kampai (Kampar- Riau) itu.

03 Sep
Balas

Infomatif dan mencerahkan.Terimakasih telah berbagi kebaikan. Salam sehat dan sukses selalu ya bunda.

03 Sep
Balas

Artikel yang luar biasa Bunda. Kupasan kearifan lokal yang memberikan wawasan keilmuan yang sangat2 tinggi. amazing

03 Sep
Balas

Luar biasa mantap Bu

03 Sep
Balas

Ulasan yang informatif. Sukses selalu buat Ibu Fitriyani Febby Adiana Gustariny

03 Sep
Balas

Mantap dan keren Bunda.

03 Sep
Balas

Bunda ini hebat. Artikel nya selalu penuh gizi

03 Sep
Balas

Mantap luar biasa Bu sukses selalu salam literasi

05 Sep
Balas

Ulasan yang sangat bermanfaat, keren menewen Bu. Mantap . Saya jadi banyak informasi dari ibu. Semoga ibu sehat selalu

04 Sep
Balas

Keren bunda. Semoga selalu sehat dan sukses

03 Sep
Balas

Ulasan yang informatif

03 Sep
Balas

Ulasan rumah gadang nan lengkap bu. Salam sukses bu

03 Sep
Balas

Mantap ulasannya Bun. Terima kasih ilmu dan informasinya. Salam sukses selalu.

03 Sep
Balas

Keren bunda artikel ttgbkearufan lokal rumah adat..

03 Sep
Balas

Betapa kayanya khazanah budaya negeri ini. Keren bunda...

04 Sep
Balas

Keren banget Bunda. Sukses selalu sahabat Mari SKSS sahabat gurusianer

03 Sep
Balas

Ulasannya mantap keren Bu Fitriyani Febby Adiana Gustariny.informatif mencerahkan. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu.

03 Sep
Balas

Banyak juga bangunan bersejarah di sana bunda.. Bagus di buat buku

05 Sep
Balas

Ulasannya keren dan informatif, nambah ilmu dan sukses selalu bunda

04 Sep
Balas



search

New Post