FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (4) RUMAH BENDANG IKUA KOTO

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (4) RUMAH BENDANG IKUA KOTO

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (4): RUMAH BENDANG IKUA KOTO

 

Sungguh tak salah bila Nagari Balimbing dijukuki nagari tradisional nan unik. Keunikan yang mungkin jarang ditemukan saat ini di daerah lain. Nagari Balimbing ini unik karena memiliki pemukiman tradisional yang sarat dengan keberadaan rumah adat. Rumah adat   yang  di Minangkabau biasa disebut dengan rumah gadang banyak berdiri di Nagari Balimbing ini. Rumah gadang tersebut terletak pada wilayah yang hampir berdekatan satu sama lainnya. Rumah gadang tersebut terkonsentrasi pada daerah datar, terutama  di wilayah Jorong Balimbing dan Jorong  Kinawai, Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera, Indonesia.

Satu diantara rumah adat yang terdapat di Nagari Balimbing adalah Rumah Adat Dt.Cumano Suku Bendang Ikua Koto Kinawai. Rumah adat ini terletak di Jorong Kinawai. Rumah adat tersebut adalah rumah adat milik kaum suku Bendang dengan datuknya yang mengepalai Dt.Cumano. Adanya nama Ikua Koto artinya Ekor Koto maksudnya rumah adat tersebut letaknya paling di ekor atau paling terakhir atau paling diujung Koto (Kampuang).

Selain Dt.Cumamo selaku yang mengepalai rumah adat  ini, maka di rumah adat ini juga terdapat Angku, Tuo Rumah, dan Imam Sidang Musajik. Ketiga jabatan adat tersebut dijabat oleh tiga orang yang berbeda, yaitu sebagai Angku dipegang oleh Fakih Sutan, Tuo Rumah oleh  Paduko Sutan, dan Imam Sidang Masjid oleh  Khatik Malano. 

Rumah Bendang Ikua Koto ini bergonjong 4, beratap ijuk, dan memiliki ruang berjumlah 5 ruang. Rumah adat ini pernah direhab pada tahun 2018 dengan sumber dana dari pemerintah. Meski telah direhab, namun rumah adat tersebut  tetap mempertahankan keasliannya. Artinya rumah ini tak mengalami perubahan baik dari segi bentuk eksterior dan interior.

Bagaimana bentuk rumah adat tersebut di atas silahkan lihat pada Video singkat 15 detik saja pada YouTube Channel Fitriany Gustariny dengan judul Literasi Rumah Adat Dt.Cumano Suku Bendang Kinawai Nagari Balimbing atau link  YouTubenya di bawah ini. 

https://youtube.com/shorts/HnEv5xG2V-M?feature=share

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang sangat keren dan menarik.. semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

05 Sep
Balas

Pencerahan keren Bu salam sukses

06 Sep
Balas

Keren dan mantap Bunda.

06 Sep
Balas

Ibu inspiratif sekali, sukses selalu bu Fitriany

05 Sep
Balas

Paparan yang keren bunda cantik, jadi tahu adat istiadat. Ttg rumah adat. Salam literasi dan sehat selalu.

05 Sep
Balas

Keren Bu.. inspiratif...

05 Sep
Balas

Mokasi liputannyo Buk Fit. Sebagai putra asli Tanah Datar malu juga rasanya belum pernah mengunjungi Rumah Gadang khas ini. Suatu saat disambangi sambil menikmati kuliner khas masa kecil hhe

05 Sep
Balas

Keren ulasannya Bunda, semoga selalu sehat dan sukses selalu.

07 Sep
Balas

Sarat pengetahuan Bunda. Keren.. Sukses selalu ya Bunda

05 Sep
Balas

Wauw...keren bgt bunda. Apakah Dt. itu Datuk?

06 Sep
Balas

Keren ulasannya Bu..... Rumah adat yang masih terelihara.

05 Sep
Balas

Keren ulasannya Bu..... Rumah adat yang masih terelihara.

05 Sep
Balas

MaasyaAllah. Keren informasinya. Semoga sukses selalu dalam berkarya.

06 Sep
Balas

Ulasan yg sangat bermanfaat bund, tks pencerajannya. Dalm sehat dan sukses selalu

06 Sep
Balas

Ulasan yg sangat bermanfaat bund, tks pencerajannya. Dalm sehat dan sukses selalu

06 Sep
Balas

Ulasan yg sangat bermanfaat bund, tks pencerajannya. Dalm sehat dan sukses selalu

06 Sep
Balas

Keren ulasannya bunda

05 Sep
Balas



search

New Post