FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (5) RUMAH GUGUAK'

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (5) RUMAH GUGUAK'

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (5): RUMAH GUGUAK

Rumah adat adalah bangunan yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi ke generasi dan tanpa mengalami perubahan. Keberadaan suatu rumah adat pada suatu daerah bisa dikatakan sebagai cerminan bahwa masyarakat daerah tersebut memiliki konsistensi yang tinggi dalam menjaga, merawat, dan melestarikan rumah adat yang mereka miliki.

Nagari Balimbing adalah salah satu daerah di Minangkabau yang konsisten memelihara dan melestarikan rumah adat. Banyak rumah adat terdapat di nagari yang terletak di Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Indonesia ini.

Rumah Guguak adalah salah satu rumah adat yang terdapat di Nagari Balimbing. Rumah Guguak ini milik kaum Suku Simabua dengan datuk yang mengepalai Dt.Rajo Mangkuto.

Rumah adat ini lebih terkenal dengan nama Rumah Guguak karena terletak di Guguak. Guguak adalah nama sebuah tempat yang berada di Jorong Balimbing Nagari Balimbing Kab.Tanah Datar Sumatera Barat, Indonesia. Demikian juga dengan gelar Dt.Rajo Mangkuto lebih dikenal.dengan nama Dt.Guguak. Rumah Guguak ini juga dikenal dengan julukan Rumah Dt.Guguak.

Rumah Guguak ini bergonjong 4, beratap ijuk, dan memiliki ruang berjumlah 5 ruang. Rumah ini telah direhab dengan bantuan dana dari pemerintah dan tetap mempertahankan keasliannya. Artinya rumah ini tak mengalami perubahan baik dari segi bentuk eksterior dan interior meski telah mengalami rehab pada tahun 2016.

Bagaimana bentuk rumah adat tersebut di atas silahkan lihat pada Video singkat 15 detik saja pada YouTube Channel Fitriany Gustariny dengan judul Literasi Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Suku Simabua Balimbing atau link YouTubenya di bawah ini.

https://youtube.com/shorts/Y0bCJsQgH78?feature=share

Rumah adat yang lain menyusul besok. Satu postingan untuk satu rumah adat. Video singkat, 15 detik saja

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang sangat keren dan bermanfaat. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

07 Sep
Balas

Indahnya negeri tercinta Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika ya Bunda. Salam sehat dan sukses selalu buat bunda sekeluarga. Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS.

07 Sep
Balas

Makasih bunda telah mengenalkan rumah ..salut sama bunda guru hebat.barakallah

07 Sep
Balas

Rumah Guguak adalah salah satu rumah adat yang terdapat di Nagari Balimbing. Bertambah wawasanku lagi. Sukses selalu buat ibu Fitriyani Febby Adiana Gustariny

07 Sep
Balas

Perlu mengingat warisan budaya yg luar biasa...

06 Sep
Balas

Ulasan yang menarik

07 Sep
Balas

Sll hadir dengan ulasan yg luar biasa bucan, salam sukses

06 Sep
Balas

Mokasi ilmunya Buk Fit, dan sudah mengingatkan kita pada budaya nenek moyang kita dulu

07 Sep
Balas

Keren bu Fitriyani... tulisannya selalu bernas

08 Oct
Balas

Keren ulasannya Bunda. semoga selalu sehat, bahagia dan sukses

07 Sep
Balas

Keren ulasannya, saya jadi tambah ilmu dan mengenal rumah Guguak. Sukses selalu bunda Fitriany. Salam literasi

07 Sep
Balas

Keren ulasannya Bunda. Sayang saya tak bisa buka videony.

06 Sep
Balas

Mantap Bu. Budaya lokal yang menarik.

07 Sep
Balas

Tulisan yang informatif. Terima kasih Bu.. Salam literasi.

07 Sep
Balas

Alhamdulillah nambah oengetahuan g rumah adat guguak...mantao bunda cantik ulasannya

07 Sep
Balas

Ulasan yang menarik dan informatif bunda

07 Sep
Balas

Ulasan yang menarik dan informatif bunda

07 Sep
Balas

Ulasan yang menarik dan informatif bunda

07 Sep
Balas

Ide kreatif tentang budaya lokal tak pernh habism sukses selalu bunda

06 Sep
Balas

Memang karifan budaya lokal di Indonesia harus dilrstarikan jangan sampai hilang dan pindah ke negara orang salam literasi

07 Sep
Balas

mantap keren cadas...ulasan keren menewen, pengenalan budaya lokal...salam sehat sukses selalu bunda Fitri

07 Sep
Balas

Budaya kita yang adi luhung harus dilestarikan jangan sampai hilang ditelan perubahan zaman.

08 Sep
Balas



search

New Post