FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (8) RUMAH Dt.PANGHULU KACANGMIANG

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (8) RUMAH Dt.PANGHULU KACANGMIANG

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (8): RUMAH Dt.PANGHULU KACANGMIANG

Rumah Adat Dt.Panghulu Kacangmiang Suku Piliang adalah rumah adat milik kaum Suku Piliang dengan datuk yang mengepalai Dt.Panghulu Kacangmiang. Selain Dt.Panghulu Kacangmiang selaku datuk, Rumah Suku Piliang ini juga memiliki angku, yaitu Angku Angku Malin Pahlawan.

Rumah adat Rumah Adat Dt.Panghulu Kacangmiang Suku Piliang ini terletak di Jorong Kinawai Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Indonesia.

Rumah Adat Dt.Panghulu Kacangmiang ini sama seperti Rumah Adat Minang pada umumnya, yaitu bangunan terdiri dari kayu, dinding kiri dan kanan terdiri dari tadi atau sasak (bilah bambu), beratap ijuk dan bergonjong empat. Pada umumnya janjang (tangga) rumah gadang juga terdiri dari kayu, namun pada Rumah Adat Dt.Panghulu Kacangmiang ini janjang terbentuk dari tembok, terdapat di pintu masuk bagian tengah rumah. Rumah Adat Dt.Panghulu Kacangmiang ini memiliki jumlah ruangan sebanyak 3 ruang. Jumlah ruang ini sesuai dengan bangunan yang asli.

Rumah Adat ini pernah direhab pada tahun 2015 dengan menggunakan dana mandiri kaum Suku Piliang tersebut. Rehab Rumah Adat ini dengan mengganti ke 20 tiang rumah tanpa mangurak bangunan (tanpa membongkar bangunan). Hanya 20 tiang rumah tersebut yang diganti, selebihnya masih asli.

Bagaimana bentuk rumah adat tersebut di atas silahkan lihat pada Video singkat 15 detik saja pada YouTube Channel Fitriany Gustariny dengan judul Literasi "Rumah Adat Dt.Panghulu Kacangmiang Suku Piliang Kinawai Nagari Balimbing" atau link YouTubenya di bawah ini.

https://youtube.com/shorts/yhy4LqA6Grg?feature=share

Rumah adat yang lain menyusul besok. Satu postingan untuk satu rumah adat. Video singkat, 15 detik saja

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mengulas kearifan lokal. Keren bu..seperti membaca ensiklopedia

18 Sep
Balas

Menambah wawasan. Trims buk Fit

11 Sep
Balas

Terima kasih Bun, ilmunya

01 Nov
Balas

Keren bunda sangat bermanfaat

16 Sep
Balas

Barakallah bunda hebat...makasih sudah berbagi bun...

11 Sep
Balas

Mantap uni

10 Sep
Balas

Ulasan budaya penuh informasi mantap, salam sukses selalu

20 Sep
Balas

Mantap ulasannya bu

09 Oct
Balas

Keren bu fitriyani..... selalu penuh semangat..

24 Sep
Balas

Bagus bund..... tulisan ttg kearifan lokal...

24 Sep
Balas

Tlsn nya bgs lho bunda...kok ga dilanjutin?

12 Sep
Balas

Mantap Bu. Sangat informatif.

12 Sep
Balas

Mksih bunda ats pengetahuannya, sukses sll nggih

09 Oct
Balas

Ulasannya keren mantap Bu Fitriany Febby. Informatif mencerahkan. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu.

11 Sep
Balas

Sejarah tak boleh dilupakan. Keren bunda tulisannya

15 Oct
Balas

Sejarah tak boleh dilupakan. Keren bunda tulisannya

15 Oct
Balas

Keren bunda, banyak rumah adat yg bisa diangkat, salam sehat selalu

16 Sep
Balas

semakin keren ulasanya bbu Fitriany semoga sukses selalu

11 Sep
Balas

mantap keren cadas.... ulasan keren menewen, rumah dengan filosofi kuat...salam sehat selalu selalu bunda Fitri

11 Sep
Balas

Rumah adat ternyata mempunyai nilai-nilai filosofi yang tinggi. setiap bentuk dan lambang mempunyai makna. Terima kasih telah memposting adat budaya kita. Salam literasi

09 Sep
Balas



search

New Post