Fitri Hariana

Penulis adalah Alumni Pelatihan SAGUSABU 2 Medan. Penulis, Fitri Hariana, Lahir di Medan, 13 Agustus 1980. Ibu dari 3 orang anak. Alumni SMA Negeri 10 (sekara...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Mempelajari Origami

Manfaat Mempelajari Origami

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe-165

Manfaat Mempelajari Origami

Oleh : Fitri Hariana

Sejak mendapatkan kiriman buku " Belajar Menyenangkan dengan Kreasi Origami Hati" dari bunda Nany Mnurdin, bocil krucil menjadi lebih semangat berkreasi. Pada dasarnya anak-anak biasanya memang suka mengoyak, menyobek, menggambar dan melipat kertas yang ada menjadi bentuk-bentuk yang mereka inginkan, seperti kapal terbang, sampan atau topi.

Ketika anak-anak dikenalkan dengan seni melipat kertas atau origami, maka mereka akan lebih senang karena merasa kegiatan melipat kertas adalah kegiatan yang tidak asing lagi dan menyenangkan. Begitupun yang diraskaan oleh ketiga anak kami, Syasya, Faqih dan Fawwaz.

Sejak pagi hingga siang, mereka di kamar depan, berkreasi melipat kertas origami menjadi bentuk hati. Memasang bentuk hati yang sudah mereka buat ke mahkota kertas buatan mereka. Memakai Mahkota hati di atas kepala mereka. Lalu mereka berfoto bersama sembari mengenakan mahkota kertas bermata hati.

Mereka seolah sedang mengalami demam origami. Dari pagi hingga siang mereka melipat banyak origami berbentuk hati. Mereka bilang, " Ayo, kita buat I love you banyak-banyak,"

Awalnya saya bingung. Apa maksud mereka bilang “ buat i love you banyak-banyak?”

Ternyata mereka membuat banyak origami berbentuk hati. Mereka bilang mau membuat pohon cinta. Pohon cinta adalah salah satu kreasi origami yang mereka lihat dan baca di dalam buku “ Belajar Menyenangkan Dengan Kreasi Origami Hati” karangan bunda Nany Susilawaty, pendiri Rumah Origami Mutiara Langit Biru. Pohon cinta dibuat dari ranting kering, yang kemudian digantungi dengan benang-benang. Dimana pada ujung benang telah tergantung origami berbentuk hati, yang sudah ditulisi dengan pesan-pesan, doa, impian, maupun harapan yang ingin diraih untuk masa depan.

"Tapi rantingnya tak ada, Ma?" tanya mereka.

Saya dengan gampang menjawabnya sambil sedikit ngeles hihihi,

" Minta cariin ranting pohon sama abi, di sekolah abi kan sekolahnya ada hutannya..kan di sana banyak pohon dan ranting2nya hahah"

Padahal saya yang jadi emaknya yang sedang malas hahaha...

Jadinya cari korban lain

Efek dari anak-anak yang keranjingan origami, adalah kertas origami, lem, hekter bertebaran di lantai.

Berikut saya kutip manfaat origami seperti yang tertulis dalam buku “ Belajar Menyenangkan Dengan Kreasi Origami Bentuk Hati”. Seni origami sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Selain menyenangkan, belajar origami sangat banyak menghasilkan manfaat, seperti :

1. Anak belajar meniru/mengikuti arahan

2. Anak belajar berkreativitas

3. Anak belajar berimainasi

4. Anak belajar berkarya seni

5. Anak belajar menghargai/mengapresiasi

6. Anak belajar membuat model

7. Anak belajar membuat mainannya sendiri

8. Anak belajar membaca diagram/gambar

9. Anak belajar menemukan solusi dari persoalannya

10. Anak belajar perbandingan(Proporsi) dan berpikir matematis (Ratna, hal.18).

Lubuk Pakam, 27 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Berkreasi dengan origami memang membangun kreativitas anak ya Bu. Sukses Bu.

28 Jun
Balas

Iya Pak...merangsang kreativitas dan aktivitas anak yg positif..terumakasih pak..sukses juga buat Bapak

28 Jun

Origami unik.Origami kreatif. Selalu ada kreasi disetiap lipatannya.Insyaallah bunda kirim lagi nanti kertasnya he he he.Doain bisa buat buku origami lagi.

28 Jun
Balas

Wah.....ini namanya bukan hanya menulari tapi juga mendorong dan mendukung semangat berorigami..maakasih bunda

28 Jun

wuiih, senangnya..anak anak jadi gak bosan di rumah dengan bermain dan membuat origami..apik ini

29 Jun
Balas

Ya, alhamdulilah Pak, begitulah anak-anak selalu bermain dan belajar sesuai tahapan usianya. Semoga sehat selalu Pak Eko. Salam literasi.

01 Jul

Makasih Bu. Informasi yang bermanfaat.

28 Jun
Balas

Sama-sama bunda. Semoga sehat selalu, aamiin

01 Jul



search

New Post