Fitri Hariana

Penulis adalah Alumni Pelatihan SAGUSABU 2 Medan. Penulis, Fitri Hariana, Lahir di Medan, 13 Agustus 1980. Ibu dari 3 orang anak. Alumni SMA Negeri 10 (sekara...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Menghilangkan Bau Jengkol

Tips Menghilangkan Bau Jengkol

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe-179

Tips Menghilangkan Bau Jengkol

Oleh : Fitri Hariana

Tahu Jengkol kan? Siapa yang tidak kenal Jengkol. Bagi sebagian besar orang Indonesia Jengkol merupakan masakan yang lezat, unik dan khas. Bisa diolah dan dimasak menjadi menu apa saja. Bisa digulai, direndang, disambalado, digoren kering jadi keripik jengkol, atau juga dilalap mentah bagi yang suka. Rasanya yang pulen membuat orang ketagihan. Selain itu Jengkol juga kaya akan kandungan zat gizi.

Nama ilmiah Jengkol adalah Archidendron pauciflorum yang mempunyai sinonim Archidendron jiringa, Pithecellobium jiringa, dan Pithecellobium lobatum. Dalam Bahasa Melayu, Jengkol juga disebut Jering. Meskipun bau namun banyak orang Indonesia yang suka. Bukan hanya di Indonesia, namun di Malaysia, Filipina dan Thailand.

Kandungan nutrisi pada biji Jengkol, selain karbohidrat dan minyak atsiri, terdapat juga kandungan protein, vitamin A, vitamin B, kalsium, alkaloid, steroid, glikosida, dan saponin. Dalam 100 gram Jengkol terkandung 80 mg vitamin C.

Jengkol juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1. Melindungi dari radikal bebas

2. Mengatasi anemia

3. Memperkuat tulang dan gigi

4. Mengobati penyakit jantung

5. Mencegah diabetes dan mengurangi kadar gula

6. Mencegah sembelit

7. Membantu mengobati berbagai penyakit kronis seperti jantung, maag, liver serta gangguan sistem metabolisme yang lain.

Namun, selain manfaat yang terkandung di dalam buah jengkol, terdapat juga

efek negatifnya. Yang pertama, jengkol mengandung asam jengkolat (jengkolic acid) yang tinggi. Mengkonsumsi jengkol secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di saluran urin, yang disebut “jengkolan”. Gejalanya mulai nyeri pada perut dan kadang-kadang muntah, nyeri waktu buang air kecil, urin berdarah, pengeluaran urin sedikit dan terdapat titik-titik putih seperti tepung, bahkan urin tidak bisa keluar sama sekali.

Kedua, tentu adalah bau. Bau buah jengkol sebenarnya tidak terlalu menyengat. Tetapi setelah dikonsumsi akan memberikan efek bau yang tidak sedap baik bau nafas maupun bau urine.

Nah karena alasan yang kedua inilah yanga akhirnya membuat orang malas mengkonsumsi jengkol. Berikut ini saya akan membagikan tips bagaimana untuk menghilangkan aroma bau pada jengkol. Sehingga kita bisa mengkonsumsi jengkol tanpa takut akan merasakan bau mulut dan air seni yang tak sedap.

1. Belah keping biji jengkol

2. Masukkan keping biji jengkol yang sudah dibelah dicuci dengan menggunakan air keran yang mengalir.

3. Jengkol kemudian direbus ke dalam panci berisi air.

4. Pada saat merebus jengkol tambahkan 1 ikat daun salam dan 5 atau 10 ruas jahe yang sudah digeprek.

5. Tambahkan sedikit garam, rebus hingga jengkol embun.

6. Jengkol yang sudah direbus kemudian dicuci di bawah air mengalir. Kulit ari jengkol harus dibuang.

7. Keping biji jengkol digepengkan terlebih dahulu dengan cara digeprek.

8. Jengkol siap diolah menjadi aneka menu masakan yang lainnya seperti disambalado, digulai, direndang, disemur dan sebagainya.

9. Setelah masak maka jengkol siap untuk disajikan. Dan tentunya tanpa berbau lagi baik di mulut mapun di kamar mandi.

10. Selamat mencoba ya..

Lubuk Pakam, 11 Juli 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap tipsnya

12 Jul
Balas

Lho...halimunnya nggak tayang bu.. Wah diganti dengan artikel jengkol ya bu..Mantap ulasannya bu...

12 Jul
Balas

Hehehe....halimunnya sedang tertutupkabit bunda

12 Jul

Mantap..perlu dicoba juga nih tipsnya

12 Jul
Balas

mantap, semoga bertambah sukses

12 Jul
Balas

Terimakasih Pak

12 Jul

salam literasi dari saya penggemar jengkol, terutama jengkol muda

24 Mar
Balas



search

New Post