Fransiska Fajar Tri Hartini

Fransiska Fajar Tri Hartini, S.Pd.Sd., lahir di Surakarta tanggal 4 Mei 1966. Mengajar kelas 5 di SD negeri Kemasan 1 No. 64 Kratonan Serengan Surakarta Jawa Te...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ajining Diri Ana Lathi, Ajining Raga Ana Busana (2)

Ajining Diri Ana Lathi, Ajining Raga Ana Busana (2)

Ajining Diri Ana Lathi, Ajining Raga Ana Busana (2)

Rasa atiku, paribasan iki cocok, jumbuh, trep, kanggo jaman dekmben nganti saiki. Uwong diajeni liyan amarga gunemane, omongane, lan tindak-tandukke. Mesthi wae guneman kang apik, sopan, ngajeni apa maneh marang wong tuwa utawa wong kang luwih tuwa.

Nanging nalika aku matur, crita ngudawara marang salah sijining sedulur, piyambake malah ngendika, menawa paribasan kuwi wis ora bisa ditrepake utawa kerep ora cocok karo kahanan saben dinane sing ana ing sakiwa tengen.

Piyambake ngandharake akeh uwong kang nyandhang nganggone busana katon endah, sopan, nutup kabeh perangan awak kang perlu katutup. Nanging lathine, lambene, tutuke, durung trep nalika pangandikan. Senajana mono piyambake salah sijining dwija ing pawiyatan. Kaya-kaya kepengin ngendika apa, ya kuwi kang diucapake.

Sanalika aku meneng, antaraning kaget karo nyarujuki. Pancen aku dhewe nate nemoni kadadeyan kaya mengkono kuwi.

Ana candhakke...

Terjemahan:

Rasa hati saya, peribahasa ini sangat cocok sesuai diterapkan sejak zaman dulu sampai sekarang. Orang dihargai orang lain karena bicaranya, tingkah lakunya. Tentu saja bicara dan tingkah laku yang baik, sopan, dan menghargai orang tua atau pun orang yang lebih tua.

Tapi ketika saya bercerita, curhat pada seorang saudara tentang peribahasa tersebut, beliau malah berkata bahwa peribahasa tersebut sudah tak bisa atau tak sesuai dengan keadaan/ zaman sekarang.

Beliau menjelaskan pada saya, banyak orang zaman sekarang berpakaian indah dan nampak sopan, tapi bibir dan mulut, dan hatinya belum sesuai saat dia berbicara. Bahkan, meskipun dia juga seorang guru di lembaga pendidikan. Apa saja yang ingin diucapkannya, ya itulah yang diucapkan.

Seketika saya terdiam, antara kaget dan menyetujui melihat yang ada di sekeliling sehari-hari. Karena memang saya sendiri menemui kenyataan yang seperti itu.

Bersambung ....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Oma gaul. Sukses selalu

07 Apr
Balas

Trmksh mas gr.

07 Apr

Saya juga perlu introspeksi diri. Makasih ulasannya, Oma

07 Apr
Balas

Apalagi oma hrs sllu introspeksi, say. Buktinya ada anak muda berani nendang. Haha..m

07 Apr

Beberapa seperti itu hanya oknum... yg sesungguhnya peribahasa itu tetap mengena...Sehat selalu oma cantiik...

07 Apr
Balas

Btl say. Smga cm oknum sj. Smga kt bs ttp sesuai dg peribahasa itu. Amin

07 Apr

Cantik banget bu

07 Apr
Balas

Trmksh bunda Sofia

07 Apr

leres, bu Siska

07 Apr
Balas

Matur nuwun, p Rochadi

07 Apr

Leres, Bu Sakmenika kathah pawongan mekaten. Mung good looking ning mboten good attitude. Blejete wae sing apik. Jerohane...blaaasss. Mugi wilujeng, Bu.

07 Apr
Balas

Leress saestu, Bu. Ndamel prihatos ing batin

07 Apr

Refleksi yang mendalam Bu. Sukses selalu.

07 Apr
Balas

Trmksh bunda

09 Apr

Mantap

07 Apr
Balas

Trmksh mas Sandi. Sht sukses sllu

07 Apr

Aamiin

07 Apr



search

New Post