Fris Wahyuddin

Pekerjaan sekarang sebagai Kepala Sekolah di SMPN 14 Kota Bima - NTB...

Selengkapnya
Navigasi Web
APRESIASI BAGI GURU DAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVASI

APRESIASI BAGI GURU DAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVASI

Dalam Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 pasal 1 dijabarkan tentang guru, “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.”

Begitu juga dengan kepala sekolah, perannya sangat menentukan dalam jalannya ketatakelolaan di sekolah, sebab kepala sekolah memiliki multi fungsi, yakni sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator, sebagaimana yang tertuang di dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang tugas dan fungsi kepala sekolah.

Mengingat pentingnya peran guru dan kepala sekolah tersebut, maka pemerintah baik pusat maupun daerah perlu melakukan berbagai inovasi serta motivasi. Salahsatu adalah dengan memberikan sebuah apresiasi atau penghargaan bagi para guru dan kepala sekolah yang memiliki prestasi serta kinerja yang baik. Apresiasi atau penghargaan sangat penting untuk memotivasi dalam meningkakan kualitas dan kinrjanya.

Untuk membentuk prilaku sesorang, perlu adanya stimulus. Nah, stimulus inilah nanti yang akan menjadi triger (pemicu) bagi para guru dan kepala sekolah dalam meningkatkankan kualitas dan kinerjanya, hal ini sejalan dengan teori pembelajaran Behavioristik oleh Thordike.

Begitu banyak program pemerintah yang digulirkan terkait penghargaan bagi guru dan kepala sekolah ini, antara lain: Inobel, Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi, Seminar, Workshop, dan Simposium tingkat nasional. Harapannya, di tingkat daerah pun melaukan hal yang sama, agar lebih banyak lagi menggulirkan program-program Penghargaan bagi Pendidik, sehingga cita-cita pencapaian pendidikan yang berkualitas dan bermartabat akan terjawab. SELAMAT HII

Kota Bima, 1 November 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat dan sukses, semoga semakin berprestasi

01 Nov
Balas

Tks bu, selamat Hari Inovasi Indonesia 1 Nov 2020

01 Nov
Balas



search

New Post