Fris Wahyuddin

Pekerjaan sekarang sebagai Kepala Sekolah di SMPN 14 Kota Bima - NTB...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru dan Kecerdasan Finansial (dalam buku Profesionalisme Guru)

Guru dan Kecerdasan Finansial (dalam buku Profesionalisme Guru)

Pertanyaan yang paling mendasar adalah bagaimana agar guru bisa menjadi kaya. Berharap dari gaji bulanan plus tunjangan yang diberikan pemerintah sepertinya masih susah. Bahkan, walaupun nanti ada penambahan gaji ketika seorang guru telah lulus sertifikasi, tetap saja nominal gaji itu masih jauh dari standar hidup yang layak.

Dalam konteks ini, sepertinya seorang guru dituntut untuk tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi ilmu yang diajarkan, kompetensi kepribadian, dan atau kompetensi sosial, tapi juga harus memiliki apa yang disebut oleh Robert T. Kiyosaki dengan financial intelligence (kecerdasan finansial). Selain menjalankan fungsinya sebagai pendidik yang baik, guru mestinya memikirkan juga kesejahteraan kehidupan mereka. Dengan kata lain, guru mestinya juga harus terus-menerus berpikir bagaimana secara kreatif bisa memperbanyak income (penghasilan) yang lain. Pada tataran praktis, seorang guru secara terencana seharusnya bisa menjual profesi pendidik mereka seperti profesi-profesi yang lain.

Kalau seorang dokter, pengacara, atau akuntan bisa hidup layak dengan menjual profesi mereka, tentu seorang guru juga bisa melakukan hal yang sama. Maka, setelah kewajiban mereka mengajar di sekolah terpenuhi, para guru bisa saja membuka ’tempat praktik’ berupa layanan bimbingan belajar di sore atau malam hari. Mereka bisa membuka lembaga pendidikan sendiri, seperti kursus dan lembaga pelatihan sesuai dengan bidang dan keahlian mereka dan seterusnya.

Selain mencoba berinvestasi dalam berbagai macam bisnis yang tidak akan mengganggu profesi keguruan, guru juga harus terus meningkatkan profesionalisme dengan membaca dan menulis. Menulis buku, artikel, jurnal adalah beberapa cara guru untuk menambah altenatif penghasilannya. Royalti penulisan buku atau sebuah inovasi baru dalam dunia pendidikan akan bisa mendatangkan pemasukan yang sangat menjanjikan bagi seorang guru. Menjadi kaya secara ekonomi memang bukan segalanya bagi seorang guru, tetapi hidup yang layak bisa menjadi awal yang baik bagi seorang guru untuk berkarya dan berprestasi di sekolah dan dimanapun.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post