Ganjar Indrawan

Guru IPS di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. S1 Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA 2011...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurus Nabi Mencegah Penyakit Menular

Jurus Nabi Mencegah Penyakit Menular

Akhir-akhir ini dunia di hebohkan dengan wabah virus corona, akan tetapi Nabi telah mengajarkan kepada umatnya cara mencegah akan bahayanya virus.

Sejak jaman Nabi penyakit menular sudah di kenal, meskipun jenisnya berbeda. Oleh karena itu, Nabi menganjurkan kepada umatnya agar senantiasa waspada. Petunjuk Nabi berkenaan dengan penyakit menular, di antaranya sebuah riwayat dari Jabir bin Abdullah. Ia menyebutkan bahwa di antara utusan Tsaqif ada seorang lelaki yang terkena penyakit lepra. Maka nabi segera mengutus seseorang untuk menemuinya untuk memberikan perintah: "Pulanglah kami sudah membaiatmu." Hal tersebut dilakukan Nabi agar penyakit yang dibawa orang itu tidak menular.

Diriwayatkan pula oleh Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda: "Hindarilah orang yang terkena lepra seperti halnya kalian menghindari seekor singa." (HR. Bukhari).

Lebih jauh lagi ditegaskan dalam riwayat Ibnu Majah, bahwa Nabi bersabda: "Janganlah kalian terlalu lama memandang orang yang terkena lepra." Sementara itu, dalam Shahih Bukhari dan Muslim diriwayatkan pula bahwa beliau pernah berkata: "Janganlah orang yang sehat itu ikut makan bersama orang sakit." Betapa sangat hati-hatinya Rasulullah terhadap penyakit menular. Beliau sangat menekankan kebersihan dan kewaspadaan untuk mencegah tertularnya penyakit.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insformatif. Barakallah

17 Feb
Balas

Keren

17 Feb
Balas



search

New Post