DHARMA PUTRA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sekolah Tidak Berguna?

Usia saya 28 tahun. Saya sudah pernah menjadi siswa selama 20 tahun, terdiri dari 2 tahun TK, 6 tahun SD, 3 tahun SMP, 3 tahun SMA, dan 6 tahun perguruan tinggi. Sedangkan saya menjadi guru baru 6 tahun. Artinya lebih banyak pengalaman saya menjadi siswa daripada menjadi guru.

Pertanyaannya, apakah 20 tahun sekolah itu berguna? Sebelum menjawab, mari kita merenungkan hal berikut ini dulu.

Di sekolah kita belajar banyak mata pelajaran. Kita belajar Matematika, Bahasa Indonesia, Fisika, Sejarah, dan masih banyak pelajaran lain. Tapi pernahkah anda bertanya, apakah guru Matematika bisa Sejarah? Apakah guru Sosiologi bisa Fisika? Apakah guru Bahasa Indonesia bisa Biologi? Dan anak-anak harus belajar semua ini!

Apakah pelajaran-pelajaran itu berguna? Ada yang mengatakan berguna, ada yang tidak. Semua tergantung pengalaman dan persepsi masing-masing. Berapa sering anda menggunakan ilmu yang anda peroleh di sekolah dalam kehidupan sehari-hari?

Apakah anda pernah menggunakan rumus gravitasi untuk mengukur kecepatan kelapa yang jatuh dari atas pohon? Mungkin ada yang pernah melakukannya ada yang tidak.

Yang jelas, dengan bersekolah saya bisa berlatih bermasyarakat. Saya dapat bergaul dengan manusia-manusia lain. Bayangkan jika tidak sekolah, pengalaman saya hanya terbatas di rumah saja. Ada gunanya kan bersekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yang sangat berguna adalah ilmunya. sip.

08 Sep
Balas

Yups.

08 Sep

Tulisan akang menggoda, kalau dipikir sih banyak yang tidak berguna. he..he.... Namun saya percaya ilmu apapun akan ada manfaatnya, minimal tuk ngajari anak kita sendiri saat belajar di rumah... he..he.. Sukses pak

09 Sep
Balas

Dulu di SMA belajar integral dab logaritma, kalau ulangan pasti remidi. Kalau ngajari anak masalah itu juga gak bisa. Sampai sekarang saya juga gak tahu manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin bapak mau memberi tahu. Hehehe.

09 Sep



search

New Post