Gendis

Melihat, menyimak, memahami, berusaha meniru, memodifikasi dan mencoba berbagi. Berkreasi untuk memberi makna...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Minggu Ke-17 Calon Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu Ke-17 Calon Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu Ke-17 Calon Guru Penggerak

Oleh : Sulastri, S.Pd.

CGP Angkatan 4 Tahun 2021

SMK Negeri 2 Tulungagung

Fasilitator : Suyatno, M.Pd., M.Kom.

Pengajar Praktik : Imatul Awalyah, M.Pd.

Minggu ini adalah akhir pembelajaran paket modul 2 dan awal pembelajaran paket modul 3. Pengalaman dan perasaan dalam mengikuti pembelajaran minggu ini saya tuangkan dalam jurnal refleksi, yang saya susun menggunakan model DEAL, yaitu sebagai berikut.

Description: Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H

⟮apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana)

Examination: Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap

tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya;

Articulation of Learning: Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa

mendatang.

DEAL

Minggu ini, saya mengikuti pembelajaran tahap akhir pada modul 2.3 yakni Coaching, dan awal paket modul 3.1 yakni Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Pembelajaran tahap akhir modul 2.3 adalah koneksi antar materi dan aksi nyata, serta tes akhir paket modul 2. Alhamdulillah pada post tes kali ini saya memperoleh nilai 100. Sebuah pencapaian di luar ekspektasi saya, semoga bisa menjadi motivasi untuk menerapkan modul 2 dengan lebih baik lagi.

Pada alur pembelajaran koneksi antar materi, CGP diminta untuk membuat keterkaitan antara materi Coaching dengan modul lain, seperti Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Sosial dan Emosional, dan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Aksi Nyata modul 2.3 akan dilaksanakan pada Pendampingan Individu.

Sementara pembelajaran tahap awal paket modul 3 dimulai dengan tes awal paket modul 3. Pre tes modul 3 ini saya memperoleh nilai 86,67. Saya cukup bersyukur, karena bagi saya ini adalah awal yang relatif bagus. Pembelajaran dilanjutkan pada Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran, yaitu Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep. Pada alur pembelajaran Mulai dari Diri, CGP diminta berpendapat tentang dilema yang dihadapi ketika mengambil keputusan dan menuliskan pengalaman terkait pengambilan keputusan. Pada alur pembelajaran eksplorasi konsep, saya mempelajari materi berupa teks dan video pembelajaran, menganalisis kasus, dan melakukan wawancara dengan rekan sejawat. Saya mengikuti tiap pembelajaran dengan antusias, bersemangat, dan rasa ingin tahu yang tinggi.

EXAMINATION

Pembelajaran minggu ini memberikan saya banyak pengalaman. Menghubungkan materi coaching dengan pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial dan emosional, serta filosofi pendidikan KHD membuat saya berpikir kembali dan menyelami pengalaman yang telah diperoleh sebelumnya. Keterkaitan yang terbentuk membuat pemahaman saya lebih baik dan lebih mantap untuk menerapkan coaching dalam membantu rekan guru atau murid yang menghadapi masalah. Aksi nyata coaching yang belum dilakukan, namun sudah ada gambaran awal seperti apa coaching akan membantu rekan sejawat yang memiliki masalah dalam pembelajaran. Sementara pada modul 3.1 yang sudah mulai dipelajari, saya mengingat kembali pengalaman dalam mengambil keputusan yang membuat saya mengalami dilema. Ini sebagai pijakan dalam melangkah ke depan, terutama dalam mengambil keputusan yang melibatkan banyak kepentingan.

ARTICULATION OF LEARNING

Mulai Dari Diri-Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Eksplorasi konsep merupakan bagian penting dari pembelajaran tiap modul. Pada bagian inilah konsep-konsep inti dan penting disampaikan, baik melalui teks, infografik, maupun video. Penguasaan materi tiap modul adalah bagian penting untuk bisa menerapkannya dalam pembelajaran berikutnya maupun dalam penerapannya dalam aksi nyata. Konsep dan materi odul 3.1 akan lebih didalami dalam ruang kolaborasi, dimana saya bisa berbagi pengalaman dan mendapat inspirasi dari rekan CGP dan narasumber. Materi dan konsep dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran sangat bermanfaat ketika harus menghadapi situasi dilema dalam pengambilan keputusan, misalnya memilih keputusan dalam dilema etika, yaitu antara benar dan benar, maupun mengambil keputusan dalam bujukan moral, antara benar dan salah.

Demikian jurnal refleksi minggu ke-17. Salam Bahagia. Guru Bergerak, Indonesia Maju.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post