Hidmi Gramatolina Ramdhayani

Guru SMK di Lombok Barat NTB. Lahir, 12 Juni 1983. Dari pasangan orangtua yang juga berprofesi pendidik. Bersama MediaGuru kembali menghidupkan bibit bibit baka...

Selengkapnya
Navigasi Web
MATEMATIKA SEKOTAK PANCAKE (Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-24)
Sumber Foto : Gramatolina.gurusiana.id

MATEMATIKA SEKOTAK PANCAKE (Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-24)

Bismillah.

Azan magrib mengalun dari masjid terdekat. Alhamdulillah. Hari ke 24 putra kecil kami dapat tuntas puasanya hingga magrib.

Berbuka puasa salah satu kebahagiaan bagi setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Begitu pula dengan putra kami, Azim. Ini adalah Ramadan pertamanya. Alhamdulillah sejak hari pertama, dia berpuasa penuh. Sahur dengan mulus tanpa rewel. Karena sejak lama dia sudah berjanji mau ikut berpuasa Ramadhan.

Hari ini, menu berbuka khusus untuknya adalah pancake durian.

"Wah, banyak sekali ibu pancake ini!" Serunya girang.

"Ya, untuk Azim yang berhasil berpuasa setiap hari."

"Sebentar ibu, aku hitung dulu ya?" Lanjutnya sembari jari-jarinya menghitung pancake tersebut.

"Satu baris ini ada 7," ujarnya sambil menatap saya meminta penegasan.

"Ya, betul sekali!" Sahut saya.

"Kalo baris kedua juga ada 7, jadi semua baris 1 dan 2 jumlahnya berapa?" Saya lanjutkan untuk mengujinya menghitung.

"Jadi jumlahnya 14, Bu!" Seru Azim mantap.

"Nah, kalo ditambah lagi dengan baris ketiga, berapa jumlah semua pancakenya?" saya ajukan pertanyaan kembali untuknya.

Sejenak dia menggunakan jari-jarinya untuk menghitung sambil menikmati pancake tersebut.

"Semua jadi 21, Bu! Benerkan?" ujarnya mantap sambil terus mengunyah.

"Alhamdulillah, anak ibu pintar sekali!" sekedar memujinya agar semakin bersemangat.

"Wah, sekarang pancakenya tersisa 10 saja, tadi yang sudah dimakan ada berapa ya?" saya lanjutkan mengetesnya.

"Mmmm, bentar ibu ya aku makan dulu" sahutnya sambil terus berpikir.

"Yang aku makan ada 11 berarti ya" ujarnya sambil tersenyum.

"Ya betul sekali, berarti 21 pancake dikurangi 11 pancake sisanya masih 10 pancake." Sambil saya jelaskan.

Dia terus saja mengunyah.

Tiba tiba dia bertanya, "ibu jika pancake pancake ini kita berikan kepada anak yatim?" Jumlahnya akan jadi berapa?"

#H24_Ahad, 17 Mei 2020/24 Ramadan 1441H

#Lombok Barat_Ramadan di rumah aja

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalau seperti ini ceritanya, saya mah mau diajarin berhitung dan kali ....

18 May
Balas

he he, mari bunda

18 May

Adik pintar

18 May
Balas

aamiin. Ya, jawabannya apa pak? he he

18 May

Warnanya menggoda, Salam Literasi

18 May
Balas

Salam literasi

18 May

Matematika Allah tak kan terjangkau akal kita nak, selama ikhlas dalam sedekah.

17 May
Balas

Ide cemerlang. Anak hebat. Penulis keren!

18 May
Balas

Aamiin. Alhamdulillah, begitu kejadian langsung ingat gurusiana he he

18 May

Good idea

17 May
Balas

teirma kasih

18 May

MasyaallahAnanda azim pintar sekali,Anak sekecil itu sudah terbesit di akal pikirannya akan org sekitar.Pemikiran yg cerdas

17 May
Balas

aamiin. Ya, ibunya mikir dulu jawab yang tepat he he

18 May



search

New Post