Gratia wing artha

Nama : Gratia wing Artha Alamat : kebonwaris Pandaan Status : Mahasiswa sosiologi universitas Airlangga Hobi : membaca , menulis puisi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tionghoa di Indonesia

Etnis Tionghoa di Indonesia sejak masa kolonial Balanda selalu dianggap duri dalam daging. Dan stigma ini terus berlanjut hingga masa sekarang ini. Suatu peristiwa keji yang tercatat dalam sejarah Indonesia, dimana penjarahan yang dilakukan masyarakat terhadap toko dan rumah - rumah etnis Tionghoa. Bahkan , memperkosa perempuan - perempuan Tionghoa yang tidak tahu apa - apa perihal politik. Sebenarnya keraguan masyarakat terhadap ke- Indonesian etnis Tionghoa merupakan produk kolonial Belanda yang dilanjutkan oleh rejim orde baru.

Sekarang ini saya melihat masih saja terdapat stigmatisasi pada etnis Tionghoa. Dengan mengatakan " dasar cina ", " Cina pelit " jelas ini merupakan penekanan mayoritas terhadap minoritas. Sebenarnya bila boleh jujur sebagian besar budaya kita mengadopsi budaya " cina " peci , masakan , gaya hidup , bahkan sistem sosial dan ilmu pengetahuan. Dalam hal ini sebaiknya masyakatat yang mengaku " mayoritas " harus merangkul yang dianggap "minoritas ", yakni etnis tionghoa atau yang sering kita sebut " cina".

Terkait sebutan " Cina " sebenarnya sebutan ini sebenarnya merupakan identitas akan tetapi berubah menjadi politik identitas setelah terdapat stigma dan " label " negatif terkait sebutan Cina. Dalam hal ini ada baiknya melihat persoalan ini dari perspektif sosiolingusitik, dimana bahasa bisa menjadi alat perpecahan , perang , dan permusuhan. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan kata Huana yang berarti pribumi dan Huaren yang berarti cina. Bila dianalisa dengan perspektif sosiolingusitik kata ini sangat kuat akan politik identitas. Terkait bagaimana minoritas berusaha menjadikan kata tersebut untuk menandakan dirinya lebih hebat dan superior dari mereka yang mayoritas. Jelas bahasa bisa sangat membahayakan dan dapat mendiskriminasi .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai etnis, termasuk etnis cina. Semua saudara. Tidak ada api kalau tidak ada asap. Sebelum menjudge, silahkan baca sejarah mengapa tragedi itu terjadi. Sehingga anda tidak berpihak sebelah.

28 Jun
Balas



search

New Post