Saifullah Gurutaleb.

Pelaku dan pemerhati pendidikan luar sekolah, mencintai budaya leluhur, suka menulis dan berorganisasi. Bereksprimen bagian dari h...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengajar atau Mendidik ?

MENGAJAR ATAU MENDIDIK ?

Mengajar atau mendidik adalah dua kata yang berbeda, menghasilkan makna yang berbeda pula. Tapi sebagaian orang menganggap kedua kata tersebut makna yang sama . Pengertian mengajar itu sendiri menurut para tokoh pendidikan juga berbeda beda pula. Salah satu pengertian mengajar menurut Oemar Hambalik adalah: mengajar dapat diartikan mengampaikan pengetahuan kepada siswa didik atau murid di sekolah.Pendapat tokoh pendidikan lainya ,seperti dadang Suhandar, mengatakan bahwa: mengajar pada dasarnya merupakan kegiatan akdemik yang merupakan interaksi komunikasi antara pendidik dan peserta didik.

Syaiful Sagala tentang mengajar, yang beliau kutip dari pendapat Burton , mengajar itu merupakan upaya memberikan stimulus, bimbingan pengarahan, dan dorongan kepada siswa agar terjadi proses

Menurut Imam Al Ghazali sendiri ,mengajar adalah menuntun dan membeimbing bagi anak didik dengan penuh kasih sayang sebagaimana dia mendidik anak nya sendiri. Hal ini Imam Al Ghazali sebagaimana mengutup sebuah sabda nabi Rasulullah SAW,: sesungguhnya aku ini bagi mu seumpama seorang ayah bagi anaknya. (HR. Abu Dawood)

Selanjutnya bagaimana dengan pengertian mendidik. Menurut Prof Dr. Naquib Alatas, mendidik adalah: membentuk manusia untuk menempati tempatnya yang tepat dalam susunan masyarakat serta berperilaku secara proposional sesuai dengan susunan ilmu dan teknologi yang dikuasai . Pengertian umum mendidik adalah mengajak, memotivasi, mendukung, membantu, menginspirasi orang lain untuk melakukan tindakan positif yang bermanfaat bagi orang lain. Mendidik juga dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak anak didik kearah kedewasaan ,baik secara jasmani maupun rohani. Bagi seorang muslim mendidik itu merupakan kewajiban syariat yang harus dilaksanakan.terutama sekali dalam mendidik di dalam rumah tangga . mendidik dalam rumah tangga itu ,orang tua dapat memberikan contoh teladan baik bagi anak-anaknya dilingkungan rumahnya maupun dilingkungan keluarga.

Menurut Dr. Ahmad Tafsir, mendidik adalah kegiatan siapapun yang bertanggungjawab atas perkembangan anak didik. Dan memiliki tugas untuk mendidik anak didik yang mengenyam ilmu. Tugas mendidik dalam aktivitasnya adalah mengajar dan mendorong belajar, dan juga memberikan contoh pada anak didik.

Melihat pada kedua pengertian mengajar dan mendidik, ada kesamaan secara sinonim ,yaitu memberikan pendidikan. Mengajar dan mendidik adalah; mewujudkan peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam mememiliki pengetahuan, karakter (akhlak mulia) ,kecerdasan ,sikap emosional dan ketrampilan.

Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan sebagaimana yang telah kemukakan oleh Imam Al Ghazali, pendidikan itu dapat memyempurnakan insan di dunia dan akhirat. Dan manusia akan sampai kepada tingkat kesempurnaan melalui ilmu, dan menguasai ilmu itu adalah pendidikan.

Sekarang ini kita dapat menayakan pada diri kita sebagai seorang guru. Apa yang telah dilakukan selama ini.Sudahkah memenuhi delapan standar pendidikan . Wallahu a’lam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post