Saifullah Gurutaleb.

Pelaku dan pemerhati pendidikan luar sekolah, mencintai budaya leluhur, suka menulis dan berorganisasi. Bereksprimen bagian dari h...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penguatan Karakter Anak Melalui  Pramuka

Penguatan Karakter Anak Melalui Pramuka

Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK) adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)

Dalam Perpres) Nomor: 87 Tahun 2017. Tentang penguatan Pendidikan Karakter . di sebutkan bahwa : a) membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan; b). mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta Didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia; dan c). merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, Peserta Didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan PPK.

Melalui Penguatan Pendidikan karakter ini kita bagun nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab, pemerintah memandang perlu penguatan pendidikan karakter.

Di lembaga pendidikan formal , penguatan pendidikan Karakter ini dilaksanakan terintegrasi dalam kegiatan: a). Intrakurikuier; b). Kokurikuler; dan c). Ekstrakurikuler, dan dilaksanakan di dalam dan/atau di luar lingkungan Satuan Pendidikan

Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah/madrasah merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib sebagaimana yang telah dituangkan dalam kurikulum 2013. Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau madrasah (dalam Kurikulum 2013 menjadi Ektra kurikuler Wajib), sangat relevan dengan pendidikan karakter bangsa karena Gerakan Pramuka adalah Gerakan (lembaga) yang menggunakan prinsip dasar pendidikan sebagimana yang telah di tuangkan dalam Dasa Darma Pramuka, yaitu:

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih-sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan kesatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, terampil, dan gembira

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

8. Disiplin, berani, dan setia

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10. Dan suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Anak yang aktif di kepramukaan sangat berbeda karakternya dengan anak anak yang tidak ikut pramuka . salah satu yang menjadi indikatornya adalah tingkat kedisiplinan anak yang aktif di pramuka lebih baik ,dan juga dari sudut tanggung jawab dan menghargai orang lain.

Kita berharap lewat pramuk dapat membentuk karakter siswa menuju pencapaian potensi spritual ,akhlak mulia , sosial, intelektual, Fisik, semangat cinta tanah air dan bela negara. Disamping meningkatkan ketrampilan untuk mencapai ketahanan hidup , juga sangat penting bagi generasi muda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post