GUNANTO MOTIVATRUST

Gunanto YPI Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta FB : Gunanto Suprapto IG : mr.gunanto Channel Youtube : GUNANTO MOTIVATRUST...

Selengkapnya
Navigasi Web
559. PUASA SAMA DENGAN AC

559. PUASA SAMA DENGAN AC

Sebuah ruangan yang dipasang Air Condition (AC) dan bergungsi dengan baik, maka suhu ruangan itu dapat dikondisikan seauai dengan kebutuhan. Ruangan yang awalnya panas dan pengab, maka dengan AC akan menjasi ruangan yang segar dan menyejukkan. Suhu ruangan yang awalnya tinggi dapat diturunkan dengan bantuan udara dingin yang dihasilkan AC. Suhu udara dibgin itulah yang mempengeruhi suhu ruangan semakin dingin pula. Pada kondisi ini, AC adalah solusi ruangan tertutup yang pengab dan panas. Bau dalam ruangan yang tidak sedap juga dapat teratasi dengan AC. AC dirancang untuk menghisap udara dalam ruangan dan membuannya ke luar ruangan dan menggantinya dengan udara bersih dari olahan mesin AC. Terlwbih jika pada AC itu dipasang pengharum ruangan, maka ruangan akan semakin segar dan wangi.

Jika kita cermati, maka keberadaan bulan puasa, ibarat AC dalam sebuah ruangan. Susasan hati dan hidup yang selalu "panas" , akan berubag menjadi dingin dan sejuk manakala melakukan puasa. Puasa mampu meredan hawa panas yang tercipta dari hawa nafsu dan pikiran yang panas. Puasa mampu meredam sesorang untuk memikirkan hal-hal negatif dan mengganginya dengan hal-hal positif. Jiwa dan raganya seperti kembali kepada rel kefitrahan sebagai manusia. Jalan hidup yang tidak terarah, mampu dikembalikan melalui ibadah puasa. Dalam puasa ada perenungan halikat hidup. Seseorang akan kembali berpikir ulang dari mana ia berasal, siapa pencipta, ke mana akan berakhir dan apa bekal untuk untuk kehidupan selanjutnya. Seluruh organ tubuh sangat mudah diajak untuk melakukan kebaikan di saat puasa. Keinginan hati yang membuncah tidak menentu, kembali tenang karena puasa.

Jika boleh kita simpulkan, puasa sama dengan AC. Keduanya sama-sama menyejukkan, sama-sama menghapus hawa panas, dan sama-sama-sama memberikan efek nyaman kepada manusia. AC membersihkan udara kotor dalam ruangan, sedangkan luasa jiga mampu membersihkan kotoran dalam diri sehingga tersisa kebersihan.

Salam sukses, salam motivatrust.

Jakarta,29 April 2022

Gunanto

IG: mr.gunanto

Youtube : GUNANTO MOTIVATRUST

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

29 Apr
Balas

Mantap sekali ulasannya

29 Apr
Balas

Terima kasih Bu Sutarti..salam sukses kiterasi ya Bu..mampir juga ke youtube saya jika ada waktu Bu: GUNANTO MOTIVATRUST

29 Apr



search

New Post