Gunawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sirsak si Nangka Walanda

Sore itu cuaca sedikit mendung, gemercik suara air di kolam kecilku menambah semarak suasana sore, ditambah burung-burung puter yang terus berkicau seakan tidak mau kalah untuk membuat suasana semakin semarak.

Kutengadahkan pandangan pada tanaman yang berjejer kokoh mengelilingi kolam lele. Ku amati satu persatu buah yang bergelantungan, pandangan tertuju pada satu buah sirsak yang menyembul diantara rimbunnya dedaunan. Kupandangi dalam-dalam dan Ahamdulillah ternyata ada sebuah sirsak yang sudah matang, segera kuambil alat untuk mengambilnya. Hmmmmmm, terimakasih ya Allah, hari ini Engkau anugrahkan buah yang luar biasa multi guna.

Dalam suasana yang begitu bahagia kuteringat masa lalu, kala Mak Yuyut, begitu panggilan pada nenek dari ibuku.

"Gun, sebarkan biji-biji buah sirsak ini nanti kamu akan mendapatkan manfaatnya," kata Mak Yuyut suatu hari.

"Sebarkan biji-bijinya di polybag, jika sudah tumbuh berikan ke orang- orang yang suka dengan tanaman sirsak, itu sedekah yang bisa kita lakukan dengan sangat mudah." katanya lagi sambil memperbaiki kayu bakar yang sudah mulai habis terbakar di tungku.

"Iya, Mak." jawabku singkat.

"Tanaman sirsak banyak manfaatnya, dari mulai daun, batang, sampai dengan buahnya, apalagi jenis sirsak ini bagus sekali, daging buahnya putih bersih dan rasanya manis," kata Mak Yuyut melanjutkan ceritanya.

"Ayaaaaaah!" Tiba-tiba terdengar suara memanggil, ternyata putriku yang bungsu menyadarkan lamunanku.

"Iya, De!" jawabku singkat

Hmmmmm ternyata pengalaman dan petuah orang tua itu benar adanya. Kini pohon sirsak yang kutanam 3 tahun yang lalu sudah berbuah.

Bogor, 1/18/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak, teruslah menulis

18 Jan
Balas

Haturnuhun supportnya!

18 Jan

Betul buah yg byk manfatnya

18 Jan
Balas

Iya bun! Kebetulan saya kembangbiakan juga. Siapa tahu ada yang berminat.

18 Jan

Mantap! Sukses ya pak

18 Jan
Balas

Aamiiin Ya Rabbal Alamiiin!

18 Jan

Semangat menulisnya ya, lanjutkan!

18 Jan
Balas

Terimakasih supportnya, honey!

18 Jan

Jgn lupa pak sirsak pesenan sy

18 Jan
Balas

Siap bu!

18 Jan

Jangan lupa bagi bagi hasil panenannya kang

18 Jan
Balas

Siap dikirim!

18 Jan

Waduh kirim paket grab aja dah

19 Jan
Balas

Siap menanti panen sirsak, semangat

18 Jan
Balas

Siiiiip, sini mumpung masih ada.

18 Jan

Lanjutkan kangSukses selalu!!!

18 Jan
Balas

Aamiiin ya Rabbal Alamiin. Terimakasih supportnya!

18 Jan



search

New Post